Pemprov Jabar Penataan Alun-alun Dadaha Kota Tasikmalaya, Mau Tahu Hasilnya?

Pemprov Jabar Penataan Alun-alun Dadaha Kota Tasikmalaya, Mau Tahu Hasilnya?

Banner menutup Areal Alun-alun Dadaha yang sedang ditata, Selasa 04 April 2023.- Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) sejak sebulan ini mulai melakukan penataan Alun-alun Dadaha Kota Tasikmalaya. 

Hal itu terlihat dari dipasangnya banner di sekeliling lapangan upacara Kompleks Olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya sejak beberapa hari belakangan. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan mengatakan, semula penataan akan dilakukan di Alun-alun Kota Tasikmalaya. Namun, karena sudah mendapat penataan, akhirnya Pemprov Jabar penataan Alun-alun Dadaha atau areal Lapang Upacara Kompleks Olahraga Dadaha. 

"Ini program Provinsi Jabar. Lokasi yang dipilih itu merupakan yang biasa dijadikan lapangan upacara," ujar Ivan Dicksan, Selasa 04 April 2023.

BACA JUGA:Seleksi CPNS 2023 Dibuka Bagi Lulusan SLTA Lewat Jalur Sekolah Kedinasan

Ia mengaku telah melihat desain penataan Alun-alun Dadaha. Hasilnya menurut dia, setelah penataan selesai, fungsi tempat itu tak akan berubah. Alun-alun Dadaha tetap bisa digunakan sebagai lapangan upacara. 

Bahkan, menurut Ivan, desain Alun-alun Lapangan Dadaha akan lebih cantik dari sebelumnya. Posisi tiang bendera juga akan disesuaikan.

"Kalau sekarang kan tiang menghadap ke timur, sehingga ketika upacara pagi hari, peserta langsung tersorot sinar matahari. Kalau sekarang digeser ke utara. Nanti juga akan dibangun tribun dan taman. Gerbangnya juga diperbaiki," terangnya.

Ivan mengaku belum mengetahui secara detail terkait anggaran dan proses pengerjaan penataan alun-alun ini. Sebab, pekerjaan itu akan dilakukan oleh Pemprov Jabar. 

BACA JUGA:April Ini 21 Juta Orang Segera Terima Bansos Pangan Ramadan 30 Kilo Beras

"Mudah-mudahan tahun ini bisa direalisasikan oleh provinsi. Itu kan akan jadi kebanggaan juga buat Kota Tasikmalaya," tambahnya.

Berdasarkan informasi dari laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemprov Jabar, satuan kerja yang menangani penataan Alun-Alun Dadaha adalah Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Jabar. 

Nilai pagu yang ditetapkan adalah Rp15,195 miliar dengan harga perkiraan sendiri (HPS) Rp14,5 miliar. Tender proyek penataan Alun-alun Dadaha telah dimenangkan oleh CV Pualam Cipta Sarana dengan harga penawaran sekitar Rp11,5 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: