Bola-Bola Besar di Pinggir Jalan, di Kota Tasik Ada di Jalan Dadaha, Itu Bukan Hiasan Tapi Ini Fungsinya

Bola-Bola Besar di Pinggir Jalan, di Kota Tasik Ada di Jalan Dadaha, Itu Bukan Hiasan Tapi Ini Fungsinya

Bollard bola besar di pinggir jalan.-Foto:tangkapanlayar/dokKemenpupr-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Pernah lihat bola-bola besar di pasang di pinggir jalan? Seperti yang ada di jalan Dadaha Kota Tasikmalaya?

Ternyata bola-bola besar tersebut memiliki fungsi lho. Dikutip dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, bola tersebut namanya adalah Bollard yang awalnya memiliki fungsi sebagi tiang atau tonggak serta banyak digunakan untuk tambatan kapal saat berlabuh.

Namun saat ini bollard digunakan untuk menghalangi kendaraan agar tidak naik ke atas trotoar.

Dengan dipasang bollard, trotoar tidak bisa diserobot atau digunakan oleh kendaraan bermotor yang ingin melintas atau sekadar parkir di trotoar. Sehingga bisa memberikan rasa aman untuk pejalan kaki saat menggunakan trotoar.

BACA JUGA:5 SDN Dimerger Tahun 2023, Begini Alasan Dinas Pendidikan

Penempatan Bollard sekitar 30 centimeter dari jalan. Dimensi Bollard adalah diameter 30 centimeter dengan ketinggian 0,6 - 1,2 meter.

Jarak penempatan disesuaikan dengan kebutuhan, namun tidak lebih dari 1,4 meter antar bollard.

Meskipun pada umumnya berbentuk tiang, bollard juga berbagai macam bentuknya seperti bola, ornamen seni dan sebagainya.

Kalau melihat di Kota Tasikmalaya, tidak hanya berbentuk bollard saja, tapi ada juga yang berbentuk seperti kelom gemulai yaitu produk unggulan Kota Tasikmalaya yang terbuat dari bahan kayu.

BACA JUGA:DATA 19 Korban Meninggal Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Lengkap Nama dan Usianya

Mengapa bollard bisa bermacam-macam bentuknya, karena bollard bisa disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan masing-masing kawasan serta bollard adalah furnitur jalan.

Sehingga tidak ada aturan khusus yang membatasi kreativitas pemerintah setempat untuk menghias trotoar dengan bollard beraneka bentuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: