Ternyata Ini Keuntungan Perusahaan Rumahan Memiliki PIRT

Ternyata Ini Keuntungan Perusahaan Rumahan Memiliki PIRT

Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Pelayanan Kesehatan dan Tempat Usaha Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tasikmalaya dr Hj Reti Zia Dewi Kurnia MARS.-ujang nandar-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COMDinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya menjelaskan tentang keuntungan perusahaan rumahan memiliki PIRT (Perusahaan Industri Rumahan Tangga) sebagai izin atau sertifikat.

"Tentunya banyak manfaat yang bisa didapatkan masyarakat bila memiliki izin PIRT," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Pelayanan Kesehatan dan Tempat Usaha Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tasikmalaya dr Hj Reti Zia Dewi Kurnia MARS kepada radartasik.com, Jumat 27 Januari 2023. 

Disampaikan dia, sejak dulu pemerintah Kabupaten Tasikmalaya terus menggenjot perusahaan rumahan khusus makanan. "Produk makanan dengan memiliki izin PIRT, tentunya sudah layak edar dan layak dikonsumsi," kata dia.

Bila produk makanan dalam usaha rumahan ini memiliki izin PIRT, juga akan menjadi produk unggulan, karena keamanannya sudah terjamin. 

BACA JUGA:Kemenag Kota Banjar Pastikan Tidak Ada Calon Jemaah Haji Tarik Kembali Biaya Setoran Awal

BACA JUGA:Keren, Persib Punya Kiper Modern, Teja Paku Alam Telah Kembali ke Puncak Penampilannya, Luizinho Passos Senang

"Keamanan produk terjamin dari sudut pandang kesehatan. Karena secara tidak langsung yang memiliki PIRT, makanan itu layak dikonsumsi," ujar dr Reti.

Dari segi faktor ekonomi, dengan memiliki PIRT akan meningkatkan kepercayaan pelanggan. "Produk bisa bersaing dengan produk industri besar yang sejenis," kata dia.

Disampaikan dia, legalitas perusahaan juga penting karena setiap perusahaan harus memenuhi peraturan serta taat pada Undang-Undangan Tentang Pangan. 

"Bila masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya yang akan mengurus izin PIRT, kami Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya menyediakan kanal yang bisa dihubungi yakni pada  Bidang Pengawasan Pelayanan Kesehatan dan Tempat Usaha," kata dr Reti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: