Kemenag Kota Banjar Pastikan Tidak Ada Calon Jemaah Haji Tarik Kembali Biaya Setoran Awal

Kemenag Kota Banjar Pastikan Tidak Ada Calon Jemaah Haji Tarik Kembali Biaya Setoran Awal

Kepala Kantor Kemenag Kota Banjar H Hamzah Rukmana SAg MA saat ditemui di kantornya, JUmat 27 Januari 2023. -Anto Sugiarto-radartasik.disway.id

BANJAR, RADARTASIK.COM – Rencana kenaikan ongkos naik haji oleh pemerintah, tentu memiliki konsekuensi khususnya di Kota Banjar. Ongkos haji diusulkan naik sebesar Rp69 juta dari sebelumnya sebesar Rp39 juta. 

Kepala Kantor Kemenag Kota Banjar H Hamzah Rukmana SAg MA mengatakan, sepanjang calon jemaah haji (calhaj) tidak mengambil biaya setoran awal sekitar Rp25 juta, sejauh ini tidak masalah. 

"Jika setoran awal diambil kembali oleh calon haji, dengan sendirinya melakukan pembatalan," katanya kepada wartawan Jumat 27 Januari 2023. 

Dijelaskan Hamzah, jika calhaj tidak mengambil setoran awal, artinya masih memiliki hak berangkat. 

BACA JUGA:Keren, Persib Punya Kiper Modern, Teja Paku Alam Telah Kembali ke Puncak Penampilannya, Luizinho Passos Senang

BACA JUGA:3 Pemain Muda Tinggalkan Persib, Menjalani Pemusatan Latihan, Persiapan AFC Cup U-20

Hingga saat ini, sambung dia, tidak ada calon jemaah haji tarik kembali biaya setoran awal, karena usulan kenaikan biaya haji belum final. 

Diketahui jumlah calhaj Kota Banjar yang berangkat tahun ini sebanyak 178 orang hingga 31 Desember 2022 ada 3.029 orang yang masuk daftar tunggu. 

"Masa tunggu di Jabar 17 tahun untuk kuota normal," tegasnya.

Diakuinya, jika ongkos naik haji terjadi penyesuaian atau naik, maka yang disubsidi sebesar 30 persen. Sebelumnya sebesar 53 persen bersumber dari nilai manfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: