Diduga Api dari Tungku Lupa Dimatikan, Rumah Panggung di Ciamis Ludes Terbakar

Diduga Api dari Tungku Lupa Dimatikan, Rumah Panggung di Ciamis Ludes Terbakar

Rumah panggung milik Uhen Suhendi (67) warga Dusun Cikananga RT 005 RW 003 Desa Selamanik, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis hangus terbakar beserta isinya, Sabtu 14 Januari 2023.-Istimewa-

CIAMIS, RADARTASIK.COMRumah panggung di CIAMIS ludes terbakar yang diduga api dari tungku lupa dimatikan. Api menghanguskan seluruh isi rumah milik Uhen Suhendi (67) warga Dusun Cikananga RT 005 RW 003 Desa Selamanik, Kecamatan Cipaku, Kabupaten CIAMIS.

Musibah yang menipa Uhen terjadi sekitar pukul 08.00, Sabtu 14 Januari 2023. Kala itu rumah ditinggal pemiliknya bekerja. 

Diduga api dari tungku lupa dimatikan dan menjalar ke seisi rumah hingga mengakibatkan kerugian sekitar Rp20 juta. 

Kepala UPT Damkar Ciamis Nono Sudarsono mengisahkan, api mulanya diketahui oleh tetangga korban. Sayangnya, kata dia, kala itu api sudah membesar dari bagian belakang rumah korban.

BACA JUGA:Alasan Persib-Raffi Ahmad Dukung Erick Thohir, Layak Jadi Ketua Umum PSSI, Pernah Jadi Petinggi PT PBB

Diperkirakan pemilik rumah telah meninggalkan rumah pada sekitar pukul 07.00 menuju tempat kerja. Sementara api dari tungku masih menyala.

"Diduga penyebab kebakaran dari tungku yang telah di gunakan oleh pemilik rumah tidak dipadamkan secara maksimal," paparnya.

Lanjut Nono, di sekeliling tungku dipenuhi matrial yang mudah terbakar, sehingga api dengan cepat menjalar dan membakar rumah. 

Kemudian salah satu perangkat desa mendatangi Pemadam Kebakaran Pos Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) Kawali. Merepon laporan tersebut petugas segera menuju ke tempat kejadian kebakaran.

BACA JUGA: Dikawal 3 Selebriti Papan Atas, Resmi Erick Thohir Daftar Calon Ketua Umum PSSI, Simak Pernyataan Pertamanya

"Kami menerima laporan pukul 08:00 tiba di lokasi pukul 08:10 respon time 10 menit," paparnya.

Tindakan yang dilakukan petugas, kata Nono, melakukan pemadaman dan pendinginan. Petugas melaksanakan observasi terhadap obyek yang terbakar. 

Setelah situasi dinyatakan aman dan api padam, petugas melaksanakan pendataan sebagai dasar pelaporan.

"Bahkan upaya kami juga menyosialasikan nomor pemadam kebakaran agar kalau ada kejadian segera laporan," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: