Wow, Tes Calon PPS Pemilu 2024 di Kabupaten Garut Diikuti 4.649 Orang

Wow, Tes Calon PPS Pemilu 2024 di Kabupaten Garut Diikuti 4.649 Orang

Suasana tes calon PPS Pemilu 2024 yang dilaksanakan di SMKN 1 Garut Kecamatan Tarogong Kidul.-Foto: Agi Sugiana/Radar Tasikmalaya-

GARUT, RADARTASIK.COM – Sebanyak 4.649 calon PPS (Panitia Pemungutan Suara) di Kabupaten Garut mengikuti tes menggunakan CAT (computer assisted test).

Karena tes calon PPS Pemilu 2024 di kabupaten Garut dikuti 4.649 orang, ujian tulis ini dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 9 Januari 2023.

Tes calon PPS Pemilu 2024 di Garut mengambil tempat di SMKN 1 Garut Kecamatan Tarogong kidul.

Ketua Divisi Sumber Daya Manusia dan Sosialisasi KPU Kabupaten Garut Nuni Nurbayani mengatakan dengan jumlah peserta sebanyak itu tidak mungkin dilakukan tes dalam satu waktu.

BACA JUGA: Pendaftaran PPS Pemilu 2024 Telah Dibuka, Ini Gaji Ketua PPS Per Bulannya, Link Pendaftarannya Cek di Sini

Tes PPS memerlukan waktu yang cukup lama dan harus ada penyesuaian tempat. ”Dalam satu hari itu dibagi menjadi 4 sesi tes,” katanya, Selasa 10 Januari 2023.

Di hari pertama, peserta tes sebanyak 1.120 peserta dari berbagai wilayah di Kabupaten Garut. Sedangkan di hari kedua ini ada 1.119 peserta.

Nuni menuturkan hasil tes langsung diumumkan sehingga peserta bisa mengetahui nilai atau skor yang didapat setelah mengikuti tes.

”Dari jumlah tersebut yang akan diambil 3 kali kebutuhan atau sama dengan 9 orang untuk tiap desa untuk mengikuti wawancara,” lanjutnya.

BACA JUGA: Unjuk Kekuatan Jelang Pemilu 2024 Gerindra Kota Tasikmalaya Tambah Sekretariat

Akhir tahun 2022, KPU Kabupaten Garut membuka pendaftaran calon anggota PPS. Jumlah pelamar di aplikasi SIAKBA sebanyak 7.326.

Sedangkan yang berhasil lolos ke tahap CAT sebanyak 4.649 orang. Sedangkan kebutuhan PPS KPU Garut sebanyak 1.326 orang.

Seorang peserta tes PPS dari Kecamatan Wanaraja Fitri Nadia senang dan bersyukur bisa lolos di tahap pertama yaitu administrasi.

”Alhamdulillah kemarin lolos tahap administrasi dan sekarang akan mengikuti tes selanjutnya CAT,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: