UT Ojat

UT Ojat

--

Johannes Kitono

Ketika meraba raba kriteria kota toleransi yang di raih Singkawang.Apakah karena seribu kelenteng yang tersebar dimana mana. Atau saat Cap Go Meh ada Datuk etnis Dayak duduk diatas golok tajam. Langsung teringat Abun etnis Madura yang fasih bahasa Hakka sama seperti Suwardi yang Jawa.Raymundus yang Dayak bisa nyanyi lagu Hakka. Dan Bun Fui yang Hakka jago bahasa Madura.Itu mungkin salah satu kriterianya. Untuk mengetahui sejarah kehidupan etnis Tionghoa Singkawang, silahkan beli Buku Memoar orang orang Singkawang di Tokopedia.Itu buku serius yang beratnya 2,5 kg yang harganya juga aduhai Rp.880 rb. Kalau mau yang enteng, bacalah SDHA ( Suka Duka Hidup di Asrama ) ,harganya only Rp.50 ribu.Dan manteman peserta camp Agrinex sudah dapat gratis dan semoga sudah dibaca.Di tengah kota Singkawang ada bioskop yang namanya Kota Indah. Sayang sekali now sudah kumuh dan tentu tidak indah. Mungkin walikota dengan dana APBD bisa ambil alih, direnovasi dan jadikan Landmark kota. Aneh rasanya, menyandang nama kota toleransi tapi di jalan strategis justru ada bangunan kumuh yang tidak indah. Susah cari dana hanya alasan klasik.Itu boss Sudomo Kapal Api dan Mie Mie , isterinyi asal Skw yang aduhai pasti bisa diajak kerjasama. Bioskop Kota Indah di renovasi dan disulap jadi pusat kuliner terpadu. Kumpulkan semua UKM dan ditata kebersihannya. Ada kincipan, rujak juhi, kue pancong, sotong kangkung, rujak toping ebi dsbnya. Akhirnya siapapun walikotanya, Gunung Poteng tetap berdiri dgn megah.

Acun Purnoma

Saya tidak bisa menahan diri lagi untuk malas berkomentar. Apalagi Abah DI lg di Singkawang, parkir di pusat kota yang hanya sepelemparan batu dari rumah saya. Harusnya ada pertemuan sahabat disway khusus area Singkawang, acaranya ngopi bareng. Mungkin setelah ngopi bareng Abah, sahabat disway akan berusaha naik level menjadi perusuh.

Lagarenze 1301

Di Singkawang ada pulau terkecil di dunia. Namanya Pulau Simping. Luasnya hanya sekitar 2.000 meter persegi. Lokasinya di lepas pantai Singkawang. Dari pusat kota hanya 15 menit berkendara. Lanjut naik perahu nelayan. Pulau ini tak berpenghuni. Hanya ada pepohonan dan bebatuan. Eh, ada kelenteng kecil di sisi pantainya. Banyak orang mengatakan status Pulau Simping sebagai pulau terkecil di dunia sudah diakui PBB. Tapi, sejauh mata saya melacak di Mbah Google, keputusan PBB dimaksud tak jua saya temukan. Layakkah Simping disebut pulau? Jika mengacu pada Konvensi PBB tentang Hukum Laut Internasional tahun 1982 (UNCLOS ’82) , dalam pasal 121 pulau didefinisikan sebagai: (1) memiliki lahan daratan, (2) terbentuk secara alami, bukan lahan reklamasi, (3) dikelilingi oleh air, baik air asin (laut) ataupun tawar, dan (4) selalu berada di atas garis pasang tertinggi. Pulau Simping memenuhi syarat tersebut. So, status "pulau terkecil di dunia" layak jadi nilai jual. Untuk pariwisata. Apalagi kalau benar ada keputusan PBB mengenai hal itu. Duluu saya pernah ke pulau itu lewat jembatan penghubung. Tapi, terakhir kali ke Singkawang pada pertengahan 2022, saya dapat info jembatan itu tinggal kerangkanya. Entah jika Tjhai Chui Mie berbaik hati membangunnya kembali, nanti jikalau terpilih lagi menjadi Wali Kota Singkawang.

Udin Salemo

Sebaiknya bu Chui Mie ini maju lagi jadi calon walikota Singkawang periode kedua. Tangan dingin Beliau sudah memberikan bukti nyata. Salah satunya pembangunan bandara itu yang bisa diwujudkan. Walikota sebelum Beliau kenyataannya belum sanggup. Bahkan untuk sekedar menebus dan membebaskan lahan untuk bandara dari tangan bank. Tangan dingin (seni merangkul semua lapisan masyarakat), kerendahan hati, dan bisa merangkul banyak pengusaha sukses asal Singkawang adalah satu keunggulan bu Chui Mie. Bila bandara Singkawang ini bisa diwujudkan beroperasi tahun 2024 adalah tonggak sejarah abadi. Ini akan memudahkan arus mobilisasi barang dan jasa yang akan jadi pemicu pertumbuhan ekonomi secara signifikan. Apalagi kalau bandara Singkawang langsung ada konektivitas dengan Pelabuhan Kijing pasti menimbulkan economic multiplier effect yang sangat besar. Semoga bu Chui Mie terpilih lagi jadi walikota Singkawang periode kedua. Saya ikut berdoa. Andai aku jadi disuntik/ Waktunya ku-atur setelah zuhur/ Amoy Singkawang memang cantik/ Cantik alami warisan leluhur/ #everyday_berpantun

Udin Salemo

Di Tanah Abang ku-punya kenangan/ Di Jalan Fachrudin Raya aku ukirkan/ Berteriak sekuat kerongkongan/ Jualan di depan toko cece ayu aku lakonkan/ Sepanjang hari dijalani/ Hujan dan panas disengat cahaya mentari/ Kucing'kucingan dengan aparat kubenci/ Dan kepada Tanah Abang aku juga berterima kasih/ #secuil_kenangan Salah satu yang membentuk karakter aku adalah jalanan Tanah Abang. Disanalah kutemukan namanya teman setia dalam arti sebenarnya. Disitulah toleransi kujalani. Disitulah silaturahmi tak mengenal ras dan agama.

Liam Then

Yang selalu bikin saya kagum tentang Singkawang. Adalah performa ekonominya. Kota yang begitu kecil, tapi isinya begitu energik. Diaspora hakka Singkawang ada di mana-mana dan tidak susah ketemu yang sukses. Jumlahnya banyak. Jiwa fight di bidang ekonominya sangat kuat. Sampai-sampai saya pernah dengar di Taiwan ada satu kota kecil ,jika ke pasar paginya, bak berkunjung ke pasar pagi Singkawang. Ramai celotehan khas logat Hakka Singkawang dari penjual dan pembelinya. Cobalah masuk blok A dan blok gedung Metro Tanah Abang. Yang los 2,5 x 3.5 meter harganya diatas 1 milyar , sewa los minimal 100jt/tahun. Banyak kisah sukses orang asal Singkawang disana. From zero to hero. Hal serupa juga saya lihat banyak ada pada orang asal Sumbar. Di Tanah Abang banyak pedagang garment asal Sumbar yang super sukses. Saya sering minta bosnya cerita, napas tilas, perjalanannya ,bisa sampai di Jakarta. Rerata ,baik asal Minang maupun Singkawang. Hampir semua bilang, ia dulu bukan apa-apa dan siapa-siapa. Anak muda harus berani merantau, menjajak nasib,mengejar asa.Merantau jauh dari keluarga bisa tempa jiwa fight orang.Jangan salah ya, bisa tempa, bukan bikin bisa punya. Kalo merantau tanpa punya jiwa fight. Lebih baik batalkan saja. Lihatlah bos kita ini, dulu bukan siapa-siapa, macul aja. Sekarang enak belanja. Karena tabungannya banyak. Hasil merantau.

Liam Then

Di Singkawang ada gunung, lembah, laut. Secara unsur feng shui lengkap semua, ada gunung, ada lembah, ada laut,ada logam, ada kayu. Ngumpul semua disana. Itulah yang mungkin bikin Singkawang istimewa. Ini kisah nyata, temannya teman teman saya, punya big bos asal SKW, bos diskotik yang termasuk terbesar di Jakarta. Kontek teman saya buat temani balik ke Pontianak, trus tancap ke Singkawang. Rupanya saking percayanya si bos kepada suhu feng shui,ia beli tanah seukuran bukit di sekitaran Singkawang. Mau pindahkan makam orang tuanya ke atas bukit sana. Untuk masalah makam kadang orang Tionghoa yang masih tradisional memang agak kebangetan. Saya pernah lihat dengan mata kepala sendiri, di satu situs pemakaman mewah di Jabar atau Banten, saya lupa. Ada bukit yang puncaknya dikelilingi pagar putih. "Wah-wah, boi, kau mau tinggal disitu gak?" "Kau nyumpahin aku mati ya?" "Aku nyumpahin kamu kaya boi, kalo mati nanti bisa punya makam seperti itu" "Makasih,.....eh !!! .kok.!! boi.......kok..!!!

Johannes Kitono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: