Pelat Nomor Kendaraan Akan Dipasangi Chip dan QR Code, Ketua MPR Dukung Langkah Korlantas

Pelat Nomor Kendaraan Akan Dipasangi Chip dan QR Code, Ketua MPR Dukung Langkah Korlantas

Pelat nomor kendaraan akan dipasangi chip dan QR code, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dukung langkah Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi.-Ilustrasi/NTMC Polri-

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Siap-siap. Ke depan, pelat nomor kendaraan akan dipasangi chip dan QR code.

Kini rencana pelat nomor kendaraan akan dipasangi chip dan QR code sedang dikembangkan Korps Lalu Lintas Polri.

Program pelat nomor kendaraan akan dipasangi chip dan QR code disampaikan Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, Selasa 3 Desember 2022.

”Kami sedang mengembangkan pelat nomor dengan QR code dan chip untuk mengetahui pelat nomor kendaraan itu asli atau palsu,” kata dia.

BACA JUGA: Data Kendaraan Bodong Segera Dihapus, Gubernur Jabar Beri Penjelasan Begini

Irjen Firman Shantyabudi menjelaskan pemasangan chip dan QR code pada pelat nomor kendaraan bermotor untuk memudahkan kepolisian memantau data kendaraan melalui kamera ETLE.

Dia menegaskan penggunaan teknologi chip dan QR code pada pelat nomor kendaraan ini untuk mengetahui pelat nomor yang digunakan oleh pengendara palsu atau asli.

Irjen Firman Shantyabudi menyadari kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas masih rendah. Masyarakat mengakali ETLE dengan menghindari pelat nomor terbaca kamera ETLE dengan cara mencopot pelat nomor kendaraannya.

Selain itu, masyarakat masih ada yang menggunakan pelat nomor kendaraan tidak sesuai standar (palsu) yang dibeli lewat penjaja kaki lima di jalanan.

BACA JUGA: Motor Bodong Bisa Dibuatkan STNK Baru? Penjelasannya Begini

Irjen Firman Shantyabudi mengimbau masyarakat untuk tidak membeli pelat nomor palsu yang di jualan di pasaran.

Polri akan segera memperbaiki kualitas pelat nomor kendaraan bermotor, sehingga di masa yang akan datang tidak akan ada pembiaran terhadap penggunaan pelat nomor tidak sesuai standar.

”Kita selalu mengimbau masyarakat enggak usah beli-beli yang palsu-palsu lagi lah, ngapain. Di lapangan itu, ya pelat nomor kita akan kita perbaiki kualitas-kualitasnya,” ujarnya.

Ketua MPR Dukung Langkah Korlantas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ntmc polri