1.600 Rupiah untuk 30 KM, Bukti BBL Lebih Murah dari Pertalite, Budi Sebut Motor Listrik Itu Keren

1.600 Rupiah untuk 30 KM, Bukti BBL Lebih Murah dari Pertalite, Budi Sebut Motor Listrik Itu Keren

1.600 Rupiah untuk 30 KM, bukti BBL lebih murah dari Pertalite, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebut motor listrik itu keren.-Foto: ESDM-

BACA JUGA: Catat! Syarat Pemasangan Tangki CNG di Kendaraan, Wajib Baca Sampai Tuntas

Jika menggunakan bahan bakar BBM untuk 30 km akan menghabiskan BBM 1 liter. Misalnya, Pertalite dengan harga Rp10.000. 

Jika diganti dengan motor listrik hanya memerlukan daya listrik 1 kilo watt yang harganya Rp1.600.

”Jangan lupa juga motor BBM setiap tahun harus ganti oli, itu kurang lebih Rp2-2.5 juta per tahun, dengan motor listrik hal itu tidak ada lagi,” ungkap Arifin.

Selain penghematan, keuntungan lain adalah penurunan emisi CO2 yang tentunya sejalan dengan target net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

BACA JUGA: Cling! Kualitas CNG Setara Pertamax Turbo RON 98, Harga Bahan Bakar Baru Pengganti Pertalite Hanya Rp 3 Ribuan

Jika 140 juta unit seluruh kendaraannya diganti dengan listrik, maka dapat mengurangi emisi 100 juta ton CO2 tiap tahun.

”Target kita 2060 emisi kita bisa nol, kita bisa pakai semua potensi energi baru yang ada di seluruh Indonesia,” ujar dia usai konvoi motor listrik, Selasa 20 Desember 2022.

Arifin meyakini program motor listrik ini akan menimbulkan efek berganda di sektor lainnya, seperti manufaktur hingga pertumbuhan bengkel-bengkel motor listrik.

”Saya yakin, kalau kegiatan ini bisa jalan, kegiatan ekonomi juga akan meningkat, mulai dari bengkel, manufacturing pabrik-pabrik yang membuat komponen motor listrik akan bergerak semua dan ini produksi Indonesia,” ujar Arifin.

BACA JUGA: Aturan Baru BBM, Ada 3 Jenis BBM Dilarang Dijual, Harga Bahan Bakar Baru Pengganti Pertalite Murah Banget

Sementara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan merupakan suatu kebanggaan menggunakan kendaraan listrik karena hal tersebut merupakan suatu keharusan dan bukan sebuah pilihan.

”Motor listrik itu keren, enak banget tidak ada suaranya, kenceng dan bisa ngebut,” ujar Budi.

Budi mengungkapkan, salah satu faktor pendorong bagi masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik adalah bahan bakar yang ramah lingkungan.

”Bahan bakar fosil, BBM, itu kita tinggalkan, jadi sesuatu yang luar biasa. Idealisme itu salah satu faktor yang membuat masyarakat beralih ke EV (electric vehicle),” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: