HPAI Kabupaten Tasik Wujudkan Sekolah & Madrasah Berwawasan Lingkungan

HPAI Kabupaten Tasik Wujudkan Sekolah & Madrasah Berwawasan Lingkungan

SINGAPARNA - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Kabupaten Tasikmalaya komitmen menjadi pelopor dalam edukasi dan motivasi gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah atau madrasah dan masyarakat.


Ketua DPW HPAI Kabupaten Tasikmalaya Dra H Neng Ida Nurhalida MPd mengatakan, setelah terbentuknya HPAI ini, pihaknya ingin mewujudkan sekolah/madrasah dan masyarakat yang berwawasan dan berbudaya ramah lingkungan. Oleh karenanya, pihaknya menjalankan program pendidikan dan pelatihan perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup.

“Tujuannya HPAI ini untuk mendorong lahirnya inovasi dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Sekaligus membantu lembaga pendidikan, khususnya sekolah/madrasah dalam menerapkan dan mengembangkan sekolah berbudaya lingkungan,” katanya setelah pengukuhan DPW HPAI Kabupaten Tasikmalaya Periode 2021-2024 di MAN 2 Tasikmalaya, Senin (22/3/2021).

Wujud program kerja DPW HPAI Kabupaten Tasikmalaya untuk menggerakkan berbudaya lingkungan, dari Bidang Pengembangan Kompetensi akan melaksanakan beberapa kegiatan.

Di antaranya program Training of Trainer (TOT) Adiwiyata untuk peningkatan kapasitas penggiat Adiwiyata, Adiwiyata Roadshow to Schools sebagai pembinaan sekolah/madrasah dalam mengembangkan gerakan peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah/Madrasah (PBLHS/M).

Kemudian untuk Bidang Aksi Lingkungan, program kerjanya akan mendorong terwujudnya sekolah percontohan yang mengembangkan gerakan PBLHS/M untuk setiap jenjang pendidikan. Selanjutnya, berpartisipasi dalam berbagai kegiatan terkait pelestarian lingkungan hidup baik tingkat daerah maupun nasional seperti jambore adiwiyata, HPSN, dan lainnya.

“Fokus juga pada konservasi gunung yang terdampak galian C dan melaksanakan kegiatan Singaparna bersih,” katanya.

Pada Bidang Publikasi dan Kampanye Lingkungan nantinya membuat media informasi yaitu Literasi Adiwiyata. Hal ini sebagai pengalaman dan informasi Adiwiyata, pembuatan buku Adiwiyata, dan galeri Adiwiyata.

“Manfaatnya bisa membangun kemitraan dengan berbagai organisasi/lembaga dalam melaksanakan kegiatan peduli lingkungan,” ujarnya.

Sedangkan untuk Bidang Entrepreneurship dan Inovasi Lingkungan mengadakan enterpreuneurship dan inovasi Adiwiyata.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya Drs Roni A Sahroni MM berharap setelah pengukuhan HPAI ini, pengurus bisa segera melakukan konsolidasi untuk melaksanakan program yang sudah dirancang.

“Dengan begitu bisa membuahkan hasil adanya kekuatan untuk terus memotivasi sekolah atau madrasah dan masyarakat agar bisa mewujudkan berbudaya lingkungan,” katanya.

Wakil Bupati Kabupaten Tasikmalaya Deni Ramdani Sagara menginginkan agar tumbuh subur sekolah Adiwiyata serta lingkungan desa sehat dan bersih. Sehingga membawa Kabupaten Tasikmalaya bisa memiliki lingkungan hijau, asri dan indah.

“Terbentuknya HPAI ini senantiasa menjadi harapan baru Tasikmalaya yang nyaman dan ramah lingkungan,” katanya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: