5 Rekomendasi Gunung di Jawa Barat Favorit Para Pendaki, Bisa Buat Liburan Akhir Tahun Lho

5 Rekomendasi Gunung di Jawa Barat Favorit Para Pendaki, Bisa Buat Liburan Akhir Tahun Lho

5 Rekommmendasi Gunung di Jawa Barat salah satunya Gunung Papandayan-Foto:tangkapanlayar/doktwagunungpapandayan-

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Mendaki merupakan kegiatan yang bebas, menyatu dengan alam. Banyak alasan mengapa orang kecanduan mendaki gunung, mulai dari wisata alam, menyelami alam, berolahraga, mendekatkan diri kepada Tuhan hingga belajar.

Para pendaki memaknai perjalanan jelajah gunung sebagai cara untuk mendapat pelajaran hidup melalui liku-liku alam.

Bagi kamu yang ingin liburan akhir tahunnya mendaki, ada rekomendasi gunung di Jawa Barat nih yang menjadi favorit para pendaki.

Dengan banyaknya gunung yang bertebaran di Jawa Barat, tak heran jika provinsi ini juga menjadi incaran para pendaki, baik pemula maupun profesional. 

BACA JUGA:Mie Gacoan Buka Lowongan Kerja Terbaru untuk Posisi Crew Resto dan Trainee Manager, Ini Kualifikasi Lengkapnya

Ingin liburan akhir tahun menyatu dengan alam, berikut ini 5 rekomendasi gunung di Jawa Barat favorit para pendaki seperti dikutip radartasik.com dari Disparbud Jabar:

1. Gunung Salak

Gunung ini terletak di Kabupaten Sukabumi dan Bogor di Jawa Barat dengan ketinggian sekitar 2.211 mdpl dengan jalur pendakian yang relatif mudah. 

Gunung Salak dapat didaki dengan beberapa jalur. Puncak yang paling banyak didaki adalah Puncak Salak II dan Salak I. 

BACA JUGA:Alhamdulillah, Pemerintah Siapkan Tol Gratis Mudik Tahun Baru, Liburan Makin Menyenangkan

Jalur yang paling ramai adalah melalui Curug Nangka di sisi utara gunung. Mengikuti jalur ini, pendaki akan sampai di Puncak Salak II. Gunung Salak I biasanya didaki dari arah timur yaitu Cimelati, dekat Cicurug, Sukabumi.

2. Gunung Putri

Gunung Putri terletak di Kabupaten Bandung Barat. Untuk mencapai puncak, jalurnya cukup mudah, terutama bagi para pecinta pendakian. Ketinggian Gunung Putri Lembang sekitar 1.580 meter di atas permukaan laut.

Ada dua jalur menuju puncak. Pertama dari pasar Lembang bisa ke arah Tangkuban Perahu, lalu lewat Mesjid Raya Lembang, tidak jauh dari situ ada gang, bisa lihat plang menuju Gunung Putri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: