Manfaat Nutrisi Bagi Ruh, Baca Quran Salah Satunya

Manfaat Nutrisi Bagi Ruh, Baca Quran Salah Satunya

Ustaz Abdul Somad. Sumber: Taufiq TV-YouTube Channel--

RADARTASIK.COM - Manfaat nutrisi bukan bagi tubuh fisik saja. Manfata nutrisi bagi ruh juga penting. Nutrisi ya ini bisa diperoleh dari pelaksanaan ibadah. Baca quran salah satunya.

Bagi umat muslim selain melalui sholat, doa, manfaat nutrisi bagi ruh bisa dengan cara baca quran salah satunya. Tentu bacaan yang benar makhraj dan tadjwidnya.

Baca quran salah satunya, banyak dianjurkan para ulama. Menurut para ulama tersebut, membaca quran akan melahirkan manfaat nutrisi bagi ruh.  

Dampaknya membaca quran bagi jiwa manusia, seperti dikatakan Ustadz Abdul Somad, membuat hati yang gelisah berubah tenang.

"Maka hati akan menjadi tenang. (Jika) serasa hidup ini berat, sulit, susah, baca quran. Seakan-akan  quran turun kepadamu," saran Ustadz Abdul Somad, Dikutip Radartasik.com dari Chanel Abdul Somad Official, Jumat 9 Desember 2022. 

Abdul Somad meyakinkan jamaah yang hadir di kajiannya itu, baca quran salah satunya diantara obat yang menenangkan jiwa.

"Sehatnya badan kita. Canggihnya kita, fisiknya tapi kalau ruhnya mati tidak ada gunanya," ujar dia.

Ustadz asal Pekanbaru, Riau,  menuturkan agar ruh hidup harus menyambung dengan pencipta dan pemilik ruh. Yakni mengingat Allah.

"Perumpamaan orang yang mengingat Allah dan yang tidak mengingat Allah, seperti hidup dan orang mati," kata dia.

Ditambahkan Ustadz Abdul Somad, orang hidup itu bukan hanya yang berjalan, yang makan, yang bergerak. "Orang hidup adalah orang yang mengingat Allah."

Jasad, kata Abdul Somad, bergerak. Berjalan. Tapi ruhnya mati, ibarat zombi. Jasad berasal dari usur tanah yang warnanya hitam. Sifatnya rendah karena di bawah. Diinjak-injak.

"Maka ketika ruh ditiupkan, malaikat-malaikat bersujud ke tanah (yang sudah jadi manusia). Kenapa? Karena di dalam tanah itu ada ruh," jelas dia.

Ruh itu, tambah dia, harus hidup dan tersangkut, terikat dengan yang Maha Hidup. Pencipta san pemilik ruh itu sendiri yakni Allah SWT.

Sumber: