Senangnya, 5 Bansos Bakal Cair 2023, Ayo Cek Daftarnya di Sini

Senangnya, 5 Bansos Bakal Cair 2023, Ayo Cek Daftarnya di Sini

Ilustrasi. Ada 5 bansos bakal cair 2023. Foto: medialampung.disway.id--

 

2. Bantuan Program Keluarga Harapan atau PKH

Bantuan PKH di tahun 2022 ditargetkan diterima oleh 10 juta keluarga di seluruh Indonesia yang menjadi penerima manfaat. Diperkirakan target ini masih sama akan ditetapkan pada tahun 2023.

Pada akhir tahun 2022 yaitu di bulan Desember, terdapat proses verifikasi kelayakan penerima PKH oleh pemerintah. Hal ini mengakibatkan adanya potensi penerima PKH tahun 2022 tidak bisa menerima PKH lagi di tahun 2023 jika memang tidak layak.

BACA JUGA: Resmi Naik, Ini Daftar Lengkap UMK 35 Daerah di Jawa Tengah 2023, Cek di Sini

Verifikasi akan dilihat dari faktor meninggal, alamat tidak ditemukan, sudah termasuk orang yang sejahtera, berprofesi sebagai ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN, pegawai BUMD, dan faktor-faktor lainnya.

Maka dari itu kuota yang ada bisa dialihkan untuk keluarga lain yang lebih layak dan memenuhi persyaratan.

 

3. Bantuan PIP Kementerian Agama

Bantuan ini sama saja dengn PIP Dikdasmen Kemendikbud Ristek namun dikhususkan untuk sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama seperti MI, MTS, dan MA. Besaran bantuannya pun sama dengan PIP Kemendikbud.

 

4. Bantuan PIP Dikdasmen Kemendikbud Ristek

Bantuan Progam Indonesia Pintar yang berasal dari Kementerian Pendidikan dialokasikan kepada 17,9 juta siswa penerima mulai SD sederajat gingga SMA sederajat.

Pada tahun 2022 proses penyalurannya dibagi menjadi 3 termin. Bantuan ini masih belum memenuhi kuota, jadi ada kemungkinan di akhir 2022 masih akan ada proses pencairan bantuan PIP. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.disway.id