Komisi III DPRD Kota Banjar Sidak Pembangunan Gedung Perpustakaan, Hasilnya?

Komisi III DPRD Kota Banjar Sidak Pembangunan Gedung Perpustakaan, Hasilnya?

Komisi III DPRD Kota Banjar saat sidak ke pembangunan gedung Perpustakaan, Kamis 8 Desember 2022. -Anto Sugiarto-radartasik.disway.id

BANJAR, RADARTASIK.COM – Komisi III DPRD Kota Banjar melakukan inspeksi mendadak (sidak) pembangunan gedung Perpustakaan, Kamis 08 Desember 2022.

Ketua Komisi III DPRD Kota Banjar Cecep Dani Sofyan mengatakan, berdasarkan evaluasi sidak, pembangunan gedung Perpustakaan terlambat karena proses lelang yang terlambat.

"Walaupun demikian terlihat dari sisi kerja cukup cepat, namun sampai waktu yang ditentukan belum bisa selesai," katanya kepada wartawan. 

Diakuinya, batas waktu pengerjaan pembangunan gedung Perpustakaan sampai 23 Desember nanti dan kini progresnya sudah lebih dari 70 persen.

BACA JUGA:G20 SOE Conference: Professor Harvard, Konsep Hybrid Bank BRI Efektif Dongkrak Inklusi Keuangan Indonesia 

Bangunan yang terdiri dari 4 lantai tersebut rencananya akan digunakan untuk kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP). 

Hasilnya, temuan sidak di lapangan yakni terdapat tiang plat besi yang terpasang menopang struktur bangunan, alasannya untuk menahan. 

"Hanya saja kurang estetika, karena terpasang di tengah, sehingga disarankan untuk dialihkan," tegasnya. 

Meski begitu, secara struktur dan kualitas bangunan gedung Perpustakaan daerah sudah bagus.

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu, Ini Pentingnya BBN Kendaraan Ketika ETLE Mobile Berlaku

Namun karena waktu mepet, sehingga pembangunan terhenti yang seharusnya bisa selesai di tahun ini, akibat lambatnya proses lelang.

"Harusnya Desember ini selesai, apakah ada perpanjangan atau tidak, itu tergantung pusat. Karena ini menggunakan DAK (dana alokasi khusus)," jelasnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kota Banjar Nia Kania menambahkan, terkait temuan Komisi III DPRD sudah dikomunikasikan dengan pihak pengembang agar diperbaiki. 

"Ya mudah-mudahan pembangunan gedung Perpustakaan cepat selesai sehingga bisa cepat juga digunakan," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: