Luar Biasa, Langkah Pj Wali Kota Tasik Bahas Reaktivasi Bandara Wiriadinata di Kemendagri

Luar Biasa, Langkah Pj Wali Kota Tasik Bahas Reaktivasi Bandara Wiriadinata di Kemendagri

Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah saat rapat di Kemendagri membahas reaktiviasi Bandara Wiriadinata, Rabu 07 Desember 2022.-Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya,  Cheka Virgowansyah terus melakukan berbagai langkah strategis untuk reaktivasi Bandara Wiriadinata Kota Tasikmalaya.

Seperti Rabu 07 Desember 2022, Cheka melakukan pertemuan di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama perwakilan pemerintah se-Priangan Timur. 

Turut hadir dalam rapat tersebut, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Perwakilan Biro Perencanaan Kemenhub, Perwakilan Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, Perwakilan Lion Group, Perwakilan INACA, dan lain sebagainya. 

"Rapat ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya dengan Menhub dan beberapa maskapai berkaitan dengan reaktivasi bandara yang sebelumnya mati karena pandemi covid-19," paparnya.

BACA JUGA:Hari ini Astel of Atra Baru Dirilis, Tawarkan Permainan dengan Genre Fantasi, Rasakan Keseruannya

Terang Cheka, posisi Lapangan Udara Wiriadinata sangat strategis dan berpengaruh terhadap wilayah administratif sekitar di wilayah Priangan Timur.

Sementara itu Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni menuturkan, perlunya dukungan dan komitmen bersama dari pemerintah se-Priangan Timur demi lancarnya proses reaktivasi Bandara Wiriadinata.

Bandara Wiriadinata memiliki landasan pacu sepanjang 1,600 meter, lebar 45 meter dengan permukaan aspal dan ketinggian 352 meter di atas permukaan tanah. 

"Melalui reaktivasi Bandara Wiriadinata yang sempat mati karena pandemi covid-19 diharapkan mampu meningkatkan konektivitas dan perkembangan perekonomian masyarakat khususnya di wilayah Priangan Timur," tuturnya.

BACA JUGA:DPRD Kabupaten Tasikmalaya Ingatkan soal Drainase di Alun-Alun Singaparna, Berharap Tak Ada Genangan Lagi  

Diberitakan sebelumnya, rencana reaktivasi ini terus dimatangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya. Sabtu 27 November 2022, Penjabat (Pj) Wali Kota, Cheka Virgowansyah melakukan pembahasan.

Pemkot Tasik mulai melangkah dengan berdiskusi bersama Forkopimda, para pengusaha, pengelola hotel, rumah sakit, Kadin, Imigrasi dan perbankan di Sakura Room, Hotel Santika.

Dalam pertemuan itu, Cheka mengatakan, Pemkot  Tasikmalaya saat ini membutuhkan dukungan dan masukan dari para pengusaha terkait rencana dan pengajuan reaktivasi Bandara Wiriadinata.

"Karena hal ini perlu disampaikan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) termasuk pihak maskapai," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: