Tol Cisumdawu Beroperasi Jelang Nataru, Cek Tarif Tol Cisumdawu Saat Ini

Tol Cisumdawu Beroperasi Jelang Nataru, Cek Tarif Tol Cisumdawu Saat Ini

Tol Cisumdawu beroperasi jelang Nataru (Natal 2022 dan Tahun Baru 2023).-Dok. BPJT/PU-

JAKARTA, RADARTASIK.COMTol Cisumdawu beroperasi jelang Nataru (Natal 2022 dan Tahun Baru 2023).

Kabarnya, Tol Cisumdawu beroperasi jelang Nataru adalah seksi 2 (Pamulihan–Sumedang) dan seksi 3 (Sumedang–Cimalaka).

Seksi 2 (Pamulihan–Sumedang) sepanjang 17,05 km. Sedangkan Seksi 3 seksi 3 (Sumedang–Cimalaka) sepanjang 4,05 km.

Sebagai persiapan Tol Cisumdawu beroperasi jelang Nataru, Seksi 2 dan 3 telah dilaksanakan uji laik fungsi (ULF).

BACA JUGA: Berapa Tarif Tol Cileunyi-Jatinangor Sumedang? Ini Daftar Tarif Tol Cisumdawu, Cek di Sini

ULF dilakukan untuk memastikan semua spesifikasi teknis persyaratan dan fasilitas perlengkapan jalan dapat terpenuhi dengan baik serta sesuai ketentuan dan kriteria yang berlaku, terutama aspek keselamatan lalu lintas.

Dilansir laman BPJT, pelaksanaan ULF yang dilakukan pada pada Selasa dan Rabu 1-2 November 2022 oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas Polri.

Kepala Sub Direktorat Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Agung Hari Prabowo mengatakan dalam kegiatan ULF, semua bagian-bagian jalan dicek.

Bagian jalan yang dicek mulai dari perkerasan, struktur jembatan atau flyover (underpass), termasuk fasilitas perlengkapan jalan yaitu PJU, rambu-rambu dan marka serta gerbang tol dan fasilitasnya.

BACA JUGA: Lengkap, Daftar Tarif Tol Cisumdawu Jelang Liburan Akhir Tahun 2022, Cek di Sini

Kepala BBPJN DKI Jakarta–Jawa Barat Wilan Oktavian mengatakan dari hasil catatan atau rekomendasi Tim ULF akan dilakukan perbaikan di lapangan sebagai persyaratan sebelum difungsikan atau dioperasikannya Tol Cisumdawu.

”PT CKJT selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan melakukan sosialisasi fungsional atau operasional Jalan Tol Cisumdawu kepada pengguna jalan,” katanya. 

”Diharapkan Jalan Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 sudah dioperasikan untuk mendukung Jalur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023,” tambahnya.

Kegiatan ULF terbagi menjadi 3 sub tim. Sub tim pertama terdiri dari Ditjen Perhubungan Darat, Korlantas Polri dan Ditjen Bina Marga (Sub Direktorat Keselamatan dan Keamanan Jalan dan Jembatan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bpjt.pu.go.id