Ini Pertimbangan Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI, Diusulkan Presiden Jokowi ke DPR RI

Ini Pertimbangan Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI, Diusulkan Presiden Jokowi ke DPR RI

Laksamana TNI Yudo Margono calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Foto: instagram/@yudo_margono88--

JAKARTA, RADARTASIK.COMLaksamana Yudo Margono diusulkan menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun pertimbangan Laksamana Yudo Margono jadi Panglima TNI diusulkan Presiden Jokowi ke DPR RI, kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, salah satu pertimbangan dasarnya adalah rotasi matra di tubuh TNI.

"Ya, bisa jadi salah satu pertimbangannya (rotasi matra di tubuh TNI). Saya kira itu salah satulah pertimbangannya," ujar Pratikno dikutip pada Selasa 29 November 2022. 


Presiden Joko Widodo resmi memilih Laksamana TNI Yudo Margono sebagai pengganti Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: instagram/@yudo_margono88--

Seperti diketahui Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berasal dari matra Angkatan Darat. Sebelumnya, Marsekal Hadi Tjahjanto berasal dari matra Angkatan Udara dan kini, saatnya Panglima TNI berasal dari matra angkatan laut.

BACA JUGA: Karier dan Profil Laksamana Yudo Margono, Calon Panglima TNI Pilihan Presiden Jokowi

BACA JUGA: Resmi Harga BBM Diturunkan, Cek Daftar Harga Pertamax, Solar hingga Pertalite Hari Ini 29 November 2022

Pratikno menjelaskan, semua kepala staf TNI layak menjadi Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Terlebih, Panglima TNI selalu berasal dari kepala staf angkatan.

"Jadi, kalau calon panglima TNI itu selalu dari kepala staf yang masih aktif sebagai anggota TNI. Nah, dalam hal ini, yang memenuhi syarat, ya, hanya tiga saja, apakah KSAU, KSAD atau KSAL. Semuanya kan sudah memenuhi syarat sebenarnya," tutur Pratikno.

Hanya, kata Pratikno, pada akhirnya, penentuan Panglima TNI berada di tangan Presiden Jokowi. Sebab, hal itu merupakan hak prerogatif presiden.

"Dalam hal ini, Pak presiden memilih calon itu dari KSAL. Itu aja," ungkap Pratikno.

BACA JUGA: Asyik, Ada 1.786 Formasi PPPK bagi Tenaga Kesehatan di Garut

BACA JUGA: Sah, Resmi UMP Jabar 2023 Naik Signifikan, UMK Kota Banjar, Pangandaran dan Ciamis Tak Lagi Rp 1,8 Juta

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono akan ditunjuk menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id