Jembatan Ciloseh Ahmad Yani Longsor, 7 Tiang Jariang Seluler Tergerus

Jembatan Ciloseh Ahmad Yani Longsor,  7 Tiang Jariang Seluler Tergerus

Pj Wali Kota Tasik Cheka meninjau lokasi Jembatan Ciloseh longsor, Kamis 24 November 2022. - Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Jembatan Ciloseh Ahmad Yani longsor pada Kamis 24 November 2022 petang yang mengakibatkan 7 Tiang Jaringan Seluler Tergerus.

Titik longsor kali ini terjadi di tebing bagian utara tepatnya masuk blok RT 05/03 Kelurahan Sukamanah Kecamatan Cipedes yang berbatasan dengan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya.

Arus lalu lintas dari arah Ciamis atau dari arah Pancasila terhambat.

Tebing penyangga tanah (TPT) yang longsor di Sungai Ciloseh ini terjadi sepanjang 10 meter dan tinggi 12 meter. 

BACA JUGA:Hati-hati! Pondasi Jembatan Ciloseh Ahmad Yani Longsor Lagi, Pj Wali Kota Hujan-hujanan

Curah hujan yang tinggi mengakibatkan debit air Sungai Ciloseh naik sekitar 2,5 meter hingga mengakibatkan 7 tiang jariang seluler tergerus.

Diberitakan sebelumnya, beberapa bulan lalu, pondasi bagian selatan longsor hingga membuat permukaan aspal jalan reta-retak. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah turun langsung ke lokasi. 

Di bawah guyuran hujan, orang nomor 1 di Kota Tasikmalaya ini melihat pondasi jembatan yang longsor. 

BACA JUGA:Tak Sekadar Menyediakan Kuliner Khas Tasikmalaya, Pongpok Landak Juga Bisa Jadi Spot Foto yang Estetik

Kemudian, Cheka melihat pondasi TPT Sungai Ciloseh di dekat lokasi jembatan yang juga turut ambrol, akibat digerus Debit Air Sungai Ciloseh naik.

"Di lokasi ini ada 2 titik yang longsor. Di pinggir jembatan dan di seberangnya TPT. Yang diseberangnya besok akan dipasang bronjong agar tak makin parah," ujar Cheka.

"Kalau yang pinggir jembatan, kita sudah koordinasi dengan pihak PDAM dan Telkom. Karena ada tiang Telkom dengan beberapa kabel internet. PDAM besok akan dibereskan jalurnya agar tak membebani jembatan," sambungnya.

Terang dia, bentangan kabel-kabel internet kini tengah diusahakan pihak dinas teknis yaitu PUTR dan Telkom agar tak menambah beban berat.

BACA JUGA:Manis dan Legitnya Durian Si Bolang Medan, Dijamin Matang di Pohon  

Sumber: