Mantap! Pemerintah Qatar Tegas Larang Alkohol, Budweiser Bingung Stok Bir Numpuk di Gudang, Sisa Bir kemana?

Mantap! Pemerintah Qatar Tegas Larang Alkohol, Budweiser Bingung Stok Bir Numpuk di Gudang, Sisa Bir kemana?

Ilustrasi Piala Dunia Qatar 2022 -Tangkapan Layar Instagram FIFA-

Semua yang berkaitan dengan uang yang dihasilkan selama Piala Dunia Qatar 2022, masuk ke kantong FIFA. 

Banyak orang yang menanyakan bagaimana cara FIFA menghasilkan uang dari sepak bola, padahal mereka harus mengeluarkan total hadiah sebesar $440 juta di Piala Dunia Qatar 2022 ini. 

Diketahui, pemenang Piala Dunia Qatar 2022 akan menerima hadiah $44 juta dari total hadiah sebesar $440 juta yang dibayarkan oleh FIFA.

Lalu, darimana FIFA mendapatkan uang sebanyak itu, berkaca dari Piala Dunia Rusia 2018, beginilah beginilah cara FIFA,  menghasilkan uang dari sepak bola.

Pada tahun 2018, ketika Piala Dunia diselenggarakan di Rusia, FIFA menghasilkan pendapatan lebih dari $4,6 miliar.

FIFA membayar komite penyelenggara Piala Dunia, uang hadiah, perjalanan dan akomodasi untuk tim dan staf pendukung, ditambah dana untuk membantu mengembangkan olahraga di negara tuan rumah setelah Piala Dunia usai.

FIFA selalu mengatur akunnya dalam siklus empat tahun di setiap Piala Dunia. Untuk siklus 2015-18, FIFA menghasilkan $6,4 miliar. Pada tahun 2021, satu tahun tanpa penyelenggaraan  Piala Dunia, FIFA menerima $766 juta .

Dikutip dari Al Jazeera salah cara FIFA menghasilkan uang dari sepak bola melalui hak siar televisi.

Sebagian besar pendapatan FIFA berasal dari penjualan hak siar TV untuk Piala Dunia dan turnamen internasional lainnya, tahun 2021 badan sepak bola dunia tersebut mendapat  $4,6 miliar dari hak siar TV .

Total pendapatan FIFA pada tahun 2021 diketahui sebesar $6,4 miliar.

Berikutnya dari hak pemasaran atau iklan, banyak merek global membayar FIFA untuk mendapatkan hak beriklan di acara yang diadakan badan sepak bola dunia itu. 

Merek-merek terbesar di dunia dapat bermitra dengan FIFA dalam rencana pengembangan dan tanggung jawab sosialnya, yang berarti mereka mendapat keuntungan dan berinvestasi dalam olahraga sepak bola di tingkat internasional, nasional, dan lokal.

Merek terbesar berikutnya diizinkan untuk beriklan di Piala Dunia yang menjadi satu-satunya acara televisi yang paling banyak ditonton di planet ini. 

Diperkirakan sekitar lima miliar orang, lebih dari separuh populasi Bumi akan mengikuti turnamen Piala Dunia Qatar 2022, . pangsa yang sangat besar untuk menjual barang.

Dalam siklus pra-Piala Dunia 2018, kesepakatan hak pemasaran mendatangkan FIFA keuntungan $1,66 miliar, bahkan pada tahun 2021, pendapatan dari penjualan hak pemasaran mencapai $131 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beberapa sumber