Bea Cukai Imbau Masyarakat Waspada Saat Festival Belanja 11.11, Awas Kena Tipu!

Bea Cukai Imbau Masyarakat Waspada Saat Festival Belanja 11.11, Awas Kena Tipu!

Petugas Bea Cukai saat melakukan pengecekan barang yang dibeli masyarakat. Foto: ilustrasi/dokumentasi humas Bea Cukai--

JAKARTA,RADARTASIK.COM - Direktorat Jenderal Bea Cukai imbau masyarakat waspada dan berhati-hati saat belanja daring. Terlebih pada momen promo tanggal kembar, seperti saat Festival Belanja 11.11.

Pasalnya tanggal tersebut berbagai online shop atau e-commerce biasanya memberikan promo dan diskon besar-besaran. 

Hal itu dikatakan Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhanamelalui keterangan resminya, Kamis, 10 November 2022.

Dikatakan Hatta imbauan agar masyarakat waspada saat momen belanja online 11.11 itu lantaran pernah adanya kejadian dimana ada yang melakukan penipuan penipuan.

BACA JUGA: China Umumkan Ujicoba Teknologi 6G, Klaim Belum Dimiiliki Oleh Negara Manapun Termasuk Amerika

BACA JUGA: Cara Dapatkan Subsidi Biaya Transaksi Hingga Rp50.000 dari Bank Muamalat dengan Mudah

"Masyarakat tetap harus waspada

! Iming-iming barang bagus dengan harga murah justru sering dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab dalam meraup keuntungan pribadi dengan melakukan penipuan. Seperti penipuan mengatasnamakan Bea Cukai," ujar Hatta. 

Dia pun menceritakan kejadian yang dialami seseorang yang menanyakan kebenaran sebuah transaksi online shop melalui direct message ke admin Instagram Bea Cukai. 

Si penanya mengaku baru memesan barang, tetapi setelahnya ia dihubungi pihak yang mengaku dari Bea Cukai yang menagih uang sebesar Rp3.750.000 sebagai biaya pengurusan izin pengeluaran barang yang dibelinya tersebut. 

Tak hanya itu, si penanya juga mengaku diancam untuk segera mentransfer uang itu dalam lima menit, jika tidak ia akan dikenakan denda Rp100 juta dan hukuman sembilan bulan penjara. 

BACA JUGA:  Teknologi Canggih Google Punya Fitur untuk Melihat Planet

BACA JUGA: Pesawat Listrik Pertama di Dunia Berhasil Lepas Landas

Menurut Hatta, tidak menutup kemungkinan bagi sebagian orang ancaman tersebut tak masuk akal dan sudah dapat diindikasi sebagai penipuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: