Mahasiswa Undip Ciptakan Tangan Bionik untuk Disabilitas, Harganya Lebih Murah dari Buatan Luar Negeri

Mahasiswa Undip Ciptakan Tangan Bionik untuk Disabilitas, Harganya Lebih Murah dari Buatan Luar Negeri

Ilustrasi tangan bionik yang diciptakan mahasiswa Universitas Diponegoro.-Foto:tangkapanlayar/GenPi.Co-

RADARTASIK.COM - Generasi muda Indonesia telah mampu membuat teknologi kesehatan berupa tangan bionik, yang membantu para penyandang disabilitas.

Dilansir dari GenPi.Co, tangan bionik tersebut merupakan karya mahasiswa Universitas Diponegoro, yang tergabung dalam CV Karya Mandiri Diponegoro. Tangan bionik dirancang khusus dengan teknologi elektrik, yang mampu melakukan sejumlah gerakan dasar seperti tangan manusia.  

Gerakan dasar yang bisa dilakukan, diantaranya adalah mengepal, menggenggam dan menulis. “Tangan bionik ini fungsinya untuk menggantikan fungsi tangan manusia, untuk penyandang disabilitas. Kami masih kembangkan dan evaluasi agar tangan bionik ini bisa melakukan fungsi layaknya tangan manusia,” ujar Pandu, anggota bidang riset dan desain.

Selain tangan bionik, CV Karya Mandiri Diponegoro juga membuat beberapa teknologi kesehatan untuk difabel lainnya, seperti tangan mekanik, kaki palsu, dan kaki pelari.  Untuk tangan mekanik, menggunakan teknologi mekanik, tidak seperti tangan bionik yang menggunakan teknologi elektrik.

BACA JUGA:Ayam Betutu Gilimanuk Nikmat dengan Sayur Bayam

Ada juga kaki palsu dan kaki pelari yang memanfaatkan teknologi mekanik,” papar Pandu.  Menurut dia, tangan bionik tersebut telah dipasarkan sejak Maret 2018 dengan harga Rp70 juta.  Harga teknologi medis buatan anak bangsa tersebut terbilang murah, jika dibandingkan tangan palsu buatan luar negeri yang harganya di kisaran Rp300 juta hingga Rp400 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: