PBSI Fokus ke Orleans Masters

PBSI Fokus ke Orleans Masters

JAKARTA — Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengirim 11 wakil pelatnas dan non-pelatnas ke ajang Orleans Masters 2021 pada hari Sabtu (20/03/2021).

Turnamen level Super 100 tersebut rencananya digelar pada 23-28 Maret 2021 di Palais Des Sports, Orleans, Perancis.

Tim Indonesia terbang ke Orleans pukul 21.40 WIB menggunakan pesawat Turkish Airlines dengan nomor penerbangan TK57. Transit di Istanbul sebelum melanjutkan perjalanan ke Paris.

Selain mengirim delapan wakil pelatnas, kekuatan tim Indonesia dipastikan bertambah dengan kehadiran tiga wakil non-pelatnas. 

Dikutip dari laman Badminton Indonesia, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Rionny Mainaky menyatakan Orleans Masters 2021 akan menjadi kesempatan bagi pemain pelapis untuk unjuk gigi di level internasional.

”Pertama, kami harap mereka bisa melakukan perjalanan dengan lancar dan tanpa hambatan hingga tiba di sana,” ucap dia kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

”Ini adalah kesempatan yang baik bagi mereka karena ke depannya kita belum tahu ada turnamen apa lagi untuk mereka ini. Kondisi pandemi membuat banyak turnamen dibatalkan,” lanjut dia.

Rionny berharap para pemain pelapis ini mampu menunjukkan penampilan terbaik karena di pundak merekalah tongkat estafet kejayaan bulutangkis Indonesia akan diteruskan.

”Secara persiapan mereka sudah baik dan saya berharap mereka bisa melakukan yang terbaik. Tim ini adalah tulang punggung bulutangkis Indonesia ke depan,” tegas dia lagi.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan kembali terjadi, Rionny mengingatkan kepada seluruh tim agar mempelajari peraturan yang berlaku di negara tujuan. 

Setibanya di sana juga langsung berkoordinasi dengan BWF dan panitia setempat, apa saja yang harus dipatuhi dan dilaksanakan terkait protokol kesehatan.

Sementara itu, wakil tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo mengaku senang dan tidak sabar untuk kembali bertanding.

”Saya sudah satu tahun lebih tidak bertanding. Rasanya gembira dan tidak sabar kembali ke lapangan,” kata Chico di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur.

”Kekhawatiran (seperti kejadian di All England) tidak ada karena saya yakin PBSI sudah mengantisipasinya dengan baik. Saya coba fokus sama persiapan dan pertandingan saja,” lanjutnya.

Chico yang saat ini diplot menjadi tunggal putra keempat Indonesia mendampingi Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito ini berharap mampu bermain maksimal.

”Semoga saya bisa bermain maksimal dan mendapatkan hasil yang terbaik,” ujar peraih medali perak Kejuaraan Dunia Junior 2016 itu. (lan)

Daftar Perwakilan Pelatnas dan Non-pelatnas

1. Chico Aura Dwi Wardoyo (Tunggal Putra)
2. Panji Ahmad Maulana (Tunggal Putra)*
3. Putri Kusuma Wardani (Tunggal Putri)
4. Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani (Ganda Putra)
5. Gabriel Christopher Wintan Wijaya/Galuh Dwi Putra (Ganda Putra)*
6. Abiyyu Fauzan Majid/Habib Alfariz (Ganda Putra)*
7. Nita Violina Marwah/Putri Syaikah (Ganda Putri)
8. Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi (Ganda Putri)
9. Yulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti Gani (Ganda Putri)
10. Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow (Ganda Campuran)
11. Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela (Ganda Campuran)
*) non-pelatnas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: