Di Garut, Bencana Tanah Longsor Menggerus 4 Rumah dan Timpa Sepeda Motor

 Di Garut, Bencana Tanah Longsor Menggerus 4 Rumah dan Timpa Sepeda Motor

Di Garut, bencana tanah longsor menggerus 4 rumah dan timpa sepeda motor dan isi rumah, Selasa 25 Oktober 2022 malam. Foto: istimewa--

GARUT, RADARTASIK.COM – Di GARUT, bencana tanah longsor menggerus 4 rumah dan timpa sepeda motor dan isi rumah.

Bencana tanah longsor kembali terjadi di wilayah Garut Selatan. Kali ini longsor terjadi di Kampung Ciseupan RT 04 RW 03 Desa Gunamekar Kecamatan Bungbulang, Selasa, 25 Oktober 2022 malam. 

Ada empat rumah warga yang terdampak longsoran itu.

Diduga, bencana tanah longsor terjadi akibat curah hujan yang tinggi sejak Selasa siang. 

“Sedang dilakukan assessment. Yang pasti longsor terjadi usai hujan deras,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Garut, Satria Budi.

Menurut informasi dari pihak kecamatan, kata Satria Budi, longsoran menggerus empat rumah di wilayah tersebut. 

“Ada pun laporan sementara dari pihak kecamatan yaitu longsoran tanah 20 meter menggerus dua rumah Dedeng dan Jumdiat, jadi menimpa rumah bersama motor dan seluruh isinya. Sementara dua rumah lagi milik Iyus dan Itang,” tutur Satria Budi.

Selain empat rumah yang rusak, BPBD Kabupaten Garut mencatat laporan tambahan dari muspika setempat bahwa ada 10 rumah lainnya yang terancam. 

“Data lagi diproses, kerugian ditaksir Rp 300 juta. Tidak ada korban luka maupun jiwa,” tambah Satria Budi.

Saat ini, lanjut dia, korban yang rumahnya tedampak sementara diungsikan ke rumah saudaranya yang tidak jauh dari tempat tinggalnya. Sedangkan material longsoran dibersihkan unsur Forkopimcam dan warga sekitar.

Sementara itu, menyikapi masifnya bencana alam yang belakangan ini terjadi di Kabupaten Garut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut membuat tim khusus bersama TNI, Polri dan relawan kebencanaan. 

Tim tersebut diresmikan dalam apel khusus yang digelar di lapangan Setda Garut Kecamatan Tarogong Kidul Rabu 26 102022 pagi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Garut Nurdin Yana mengatakan, semua pihak akan membantu proses penanggulangan bencana alam yang terjadi di Kabupaten Garut saat ini. 

“Kita bersinergi dengan berbagai unsur yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” kata Nurdin Yana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: