Lama Waktu yang Ideal untuk Berolahraga Bagi Remaja, Satu Hari Cukup 60 Menit

Lama Waktu yang Ideal untuk Berolahraga Bagi Remaja, Satu Hari Cukup 60 Menit

Ilustrasi olahraga bagi remaja dapat dilakukan selama 60 menit per hari.-Foto:tangkapanlayar/GenPi.co-

RADARTASIK.COM - Olahraga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk kesehatan remaja. Namun, Olahraga yang tidak tepat malah bisa menyebabkan badan sakit, kelelahan, atau cedera.  

Berapa lama waktu yang ideal untuk berolahraga bagi remaja? Berikut penjelasannya.

Idealnya, lama waktu aktivitas fisik yang dianjurkan untuk remaja dalam satu hari adalah 60 menit.

Namun olahraga seminggu sekali di sekolah saja tidak cukup. Aktivitas fisik adalah kegiatan yang membutuhkan energi untuk menggerakkan tubuh dan otot-otot kerangka. Perlu diketahui, aktivitas fisik tidak sama dengan berolahraga.

BACA JUGA:Luar Biasa! Helaran Budaya Jampana Meriahkan Hari Jadi Kota Tasikmalaya ke-21

Olahraga adalah kegiatan terencana, terstruktur, dan berulang dengan tujuan yang spesifik, yaitu untuk melatih aspek kebugaran tertentu.

Sementara itu, aktivitas fisik bisa berupa kegiatan apapun seperti berjalan kaki, bermain, atau membantu orang tua bersih-bersih rumah.

Sesuai anjuran dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), anak dan remaja yang berusia 5 sampai 17 tahun membutuhkan aktivitas fisik sebagai berikut. Pertama, setidaknya 60 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang hingga cukup berat setiap hari.

Kedua, beraktivitas fisik lebih dari 60 menit bisa memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan. Ketiga, melakukan aktivitas fisik yang melibatkan latihan penguatan tulang dan otot setidaknya 3 kali dalam seminggu.

BACA JUGA:Tips Memilih Lampu yang Nyaman Buat Rumah Minimalis 

Selain menjauhkan anak dari risiko berbagai penyakit berbahaya saat ia dewasa nanti, manfaat olahraga untuk remaja juga sudah terbukti membuat ia  pintar dan berprestasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: