Mata Edu Hadirkan Sarana Belajar Berbentuk Aplikasi Game yang Menyenangkan Bernama Bantu Belajar

Mata Edu Hadirkan Sarana Belajar Berbentuk Aplikasi Game yang Menyenangkan Bernama Bantu Belajar

Mata Edu mencoba menghadirkan pembelajar yang menyenangkan lewat aplikasi Bantu Belajar. Foto: ist--

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Salah satu strategi belajar mengajar dengan elemen game dipercaya makin efektif memotivasi penggunanya untuk mengeksplorasi subyek yang sedang dipelajari.

Tak hanya itu, lewat elemen game juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan secara tidak langsung menanamkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi hingga pemecahan masalah.

Berdasarkan realitas itu, PT Matata Edukasi Inovasi (Matata Edu), yang didirikan sejak 1991 telah menciptakan produk-produk teknologi mumpuni yang bisa mendukung pendidikan di Indonesia secara berkelanjutan, khususnya yang mengandung elemen game

CEO Matata Edu Tari Sandjojo mengatakan peran teknologi merupakan kekuatan yang mendorong pengembangan proses pembelajaran dan kurikulum di era digital saat ini.

BACA JUGA: Telkomsel Segera Matikan Jaringan 3G di 19 Daerah Ini, Yuk Cek Barangkali Wilayah Kamu Termasuk?

BACA JUGA: Ini Dia 5 Tips Aman Berkendara Saat Hujan

"Sejak pandemi, para pendidik menggunakan berbagai sarana digital dan strategi-strategi mengajar yang kreatif untuk membantu para siswa-siswi memahami suatu topik pembelajaran secara lebih interaktif dan menyenangkan, salah satunya melalui gamifikasi," ujar Tari, Senin, 17 Oktober 2022.

Tari yang mengantongi pengalaman lebih dari dua dekade sebagai pendidik dan psikolog anak menjelaskan game yang sukses menarik minat siswa biasanya memiliki elemen cerita di dalamnya.

Menurutnya, elemen cerita bekerja secara harmonis dengan bagian otak yang memotivasi pemain untuk menyelesaikan dan mengeksplorasi subyek atau pelajaran yang sedang diangkat di dalam game tersebut.

"Narasi ini bisa membantu murid memahami kenapa dia harus mempelajari sesuatu dan apa yang bisa dia lakukan terhadap hasil belajarnya," tutur Tari.

BACA JUGA: 7 Pencuri Domba Ditangkap Tim Gabungan Polres Ciamis, Ada Barang Bukti yang Masih Hidup

BACA JUGA: 3 Mobil Tabrakan Beruntun di Ciamis, Ini Nama-Nama Sopir dan Penumpangnya

Selain elemen cerita, elemen lain yang bisa dimasukkan ke dalam proses belajar-mengajar ialah pemberian umpan balik langsung serta penerapan sistem progress indicator, seperti sistem pengumpulan poin atau leaderboard kelas.

Bantu Belajar menghadirkan sarana belajar berbentuk aplikasi game yang menyenangkan untuk anak usia 8 tahun ke atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jppn.com