Seni Adu Ketangkasan Domba Garut Digelar Kembali, Diinisiasi Kapolres Garut, Hadiahnya 4 Ekor Sapi

Seni Adu Ketangkasan Domba Garut Digelar Kembali, Diinisiasi Kapolres Garut, Hadiahnya 4 Ekor Sapi

Setelah vakum karena pandemi Covid-19, kegiatan seni ketangkasan adu domba Garut kembali digelar bertajuk Kapolres Cup, Sabtu 15 Oktober 2022. Foto: Agi Sugiana / Radar Tasikmalaya--

GARUT, RADARTASIK.COM – Setelah vakum karena pandemi Covid-19, kegiatan seni ketangkasan adu domba Garut kembali digelar. 

Kegiatan seni ketangkasan adu domba Garut bertajuk Kapolres Cup.

Lokasi Kegiatan seni ketangkasan adu domba Garut bertajuk Kapolres Cup dilaksanakan di area Pamidangan Domba Anugerah, Lembah Gunung Guntur, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Sabtu, 15 Oktober 2022.

Kegiatan seni ketangkasan adu domba Garut bertajuk Kapolres Cup merupakan inisiasi dari Polres Garut berkolaborasi dengan Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Garut.

Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, seni adu ketangkasan domba Garut ini merupakan event besar yang kembali dilaksanakan setelah pandemi Covid-19.

Ia menerangkan, adu seni ketangkasan domba ini dilaksanakan selama dua hari, dan bekerja sama dengan Forkopimda Garut, komunitas HPDKI Garut, dan pihak swasta dalam rangka mengangkat kearifan dan budaya lokal, serta menyemarakkan perekonomian lokal.

“Jadi di sini ada dua esensi kegiatan, pertama, mengangkat budaya kearifan lokal dari seni ketangkasan domba Garut itu sendiri yang tentunya akan menstimulasi perekonomian lokal dengan menggandeng UMKM dan IKM serta pedagang-pedagang kaki lima yang berada di Kabupaten Garut,” ungkap AKBP Wirdhanto Hadicaksono.

Selain mengangkat budaya seni ketangkasan domba, kata AKBP Wirdhanto Hadicaksono, dalam kesempatan ini pihaknya juga mencoba untuk melestarikan dan membanggakan produk lokal Kabupaten Garut agar bisa dinikmati oleh masyarakat. 

“Sehingga perekonomian lokal di wilayah Garut ini bisa mendukung perekonomian nasional di tengah terpaan badai dari perekonomian global,” ucap AKBP Wirdhanto Hadicaksono.

AKBP Wirdhanto Hadicaksono menyampaikan, untuk sementara ini jumlah peserta yang berpartisipasi dalam Kapolres Garut Cup ini berjumlah 560 peserta, yang tidak hanya berasal dari Garut, namun juga dari Tasikmalaya, Bandung, bahkan Banten. 

Meskipun begitu, imbuh ia, jumlah peserta ini akan terus berkembang dan pihaknya telah mengestimasikan sebanyak 1.200 peserta dari seluruh Jawa Barat.

Banyak hadiah yang akan diberikan kepada pemenang adu ketangkasan domba Garut.

Salah satu hadiah bagi pemenang seni adu ketangkasan domba Garut yaitu hadiahnya 4 ekor sapi berukuran besar. 

“Hadiahnya dari beberapa sponsor dan dukungan dari Pemda juga, itu ada 4 sapi, kemudian sejumlah elektronik, termasuk juga adanya uang pembinaan,” tambah Kapolres Garut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: