Pengumuman untuk semua SD dan SMP di Indonesia, Ini Lho Aturan Baru Seragam Sekolah

Pengumuman untuk semua SD dan SMP di Indonesia, Ini Lho Aturan Baru Seragam Sekolah

Mendikbudristek Nadiem Makarim telah menyetujui aturan baru tentang seragam sekolah.-Foto:tangkapanlayar/disway.id-

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Peraturan baru tentang model seragam sekolah diterbitkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

Aturan terkait model seragam sekolah diatur dalam Peraturan Mendikburistek Nomor 50 Tahun 2022 tentang pakaian seragam sekolah bagi peserta didik jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Seperti dikutip dari PojokSatu, peraturan baru tersebut ditandatangani oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dan diterbitkan pada 7 September 2022.

Dalam Permendikbudristek disebutkan, jenis pakaian seragam sekolah terdiri atas pakaian seragam nasional dan pakaian seragam pramuka.

BACA JUGA:Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet, Salah Satunya Dianjurkan Pakai Deterjen Cair 

Pakaian seragam nasional adalah pakaian yang dikenakan pada hari belajar oleh peserta didik di sekolah, yang model dan warnanya sama berlaku secara nasional.

Disebutkan, pakaian seragam nasional digunakan peserta didik paling sedikit setiap hari Senin dan Kamis serta pada hari pelaksanaan upacara bendera.

Model dan warna pakaian seragam nasional yakni Peserta didik SD/SDLB berupa atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna merah hati.

Peserta didik SMP/SMPLB berupa atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna biru tua; Peserta didik SMA/SMALB/SMK/SMKLB berupa atasan kemeja berwarna putih dan celana atau rok berwarna abu-abu.

BACA JUGA:Tips Buat Para Pecinta Kopi, Cara Nyeduh Kopi Supaya Tidak Berkurang Khasiatnya 

Penggunaan pakaian seragam nasional pada hari pelaksanaan upacara bendera harus dilengkapi dengan atribut, berupa topi pet dan dasi sesuai warna pakaian seragam nasional masing-masing jenjang sekolah. Bagian depan topi menggunakan logo Tut Wuri Handayani.(jpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: