Penyesuaian Harga BBM Dorong Inflasi Indeks Harga Konsumen September 2022

Penyesuaian Harga BBM Dorong Inflasi Indeks Harga Konsumen September 2022

Ilustrasi penyesuaian harga BBM dorong inflasi Indeks Harga Konsumen pada September 2022.-Bank Indonesia-

BACA JUGA: Debit Air Sungai Ciloseh Tasikmalaya Mulai Naik, 6 Rumah Kebanjiran di Dua Lokasi Berbeda

Ke depan, inflasi inti dan ekspektasi inflasi diprakirakan masih berlanjut sejalan dengan dampak lanjutan (second round effect) dari penyesuaian harga BBM bersubsidi dan menguatnya tekanan inflasi dari sisi permintaan. 

Bank Indonesia berkomitmen untuk menurunkan ekspektasi inflasi dan inflasi inti kembali ke sasaran 3+1% pada paruh kedua 2023.

Kelompok volatile food pada September 2022 kembali mencatat deflasi sebesar 0,79% (m-t-m), setelah pada bulan sebelumnya mencatat deflasi sebesar 2,90% (m-t-m).

Perkembangan tersebut terutama dipengaruhi oleh deflasi bawang merah, aneka cabai, dan minyak goreng sejalan dengan peningkatan pasokan seiring panen raya di daerah sentra produksi dan pasokan minyak goreng yang terjaga.

BACA JUGA: Baim Wong dan Paula Resmi Dipolisikan, Gara-gara Bikin Video Prank Soal KDRT di Kantor Polisi

Di sisi lain, komoditas beras mengalami inflasi seiring periode musim panen gadu di daerah sentra produksi.

Secara tahunan, kelompok volatile food mengalami inflasi 9,02% (y-o-y), lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi pada bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 8,93% (y-o-y).

Inflasi kelompok administered prices pada September 2022 mencatat peningkatan menjadi 6,18% (m-t-m) dari inflasi pada bulan sebelumnya yang sebesar 0,33% (m-t-m).

Peningkatan inflasi tersebut terutama dipengaruhi oleh first round effect dari penyesuaian harga BBM bersubsidi seperti yang tercermin pada kenaikan inflasi bensin, angkutan dalam kota, solar, angkutan kota antarprovinsi, dan tarif kendaraan online.

BACA JUGA: Puluhan PNS Pemkot Tasik Pensiun, Sekda: Tidak Semua PNS Dapat Kesempatan Seperti Ini

Secara tahunan, kelompok administered prices mengalami inflasi 13,28% (y-o-y), lebih tinggi dari inflasi pada bulan sebelumnya yang sebesar 6,84% (y-o-y).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: