Sambut Hari Batik Nasional, Batik Ciamis Akan Jadi Pakaian Dinas PNS

Sambut Hari Batik Nasional, Batik Ciamis Akan Jadi Pakaian Dinas PNS

ANTUSIAS. Kenalkan Batik Ciamis atau Ciamisan lewat fashion show dan menggambar terhadap anak usia dini di Gedung Golkar Kabupaten Ciamis, Kamis (29/9/2022). -Fatkhur Rizqi/Radar Tasikmalaya -

CIAMIS, RADARTASIK.COM – Sambut Hari Batik Nasional 2022, Pemerintah Kabupaten Ciamis akan merancang regulasi batik Ciamisan menjadi  pakaian dinas pegawai negeri sipil (PNS).

Rencana itu, disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Tatang saat menghadiri peringatan HUT Himpaudi ke-17 dan Hari Batik Nasional ke-13 di Gedung Golkar Kabupaten Ciamis, Kamis 29 September 2022.

Kata Tatang, jelang Hari Batik Nasional ini, pemerintah mendukung upaya PNS atau masyarakat menggunakan baju batik khas Ciamis atau Ciamisan. 

Ia mengaku akan menyusun regulasi pakaian-pakaian khas budaya, baik Sunda atau batik Ciamis atau Ciamisan. 

BACA JUGA:Telkomsel Orbit Buka Peluang Implementasi Internet Sehat Bagi Keluarga

“Kita akan buatkan aturan terlebih dahulu, nantinya dimasukkan saat Rebo Nyunda dan dikombinasikan dengan batik Ciamis. Tujuannya untuk melestarikan budaya agar tetap berkembang di Kabupaten Ciamis,” katanya dikutip dari Radar Tasikmalaya.

Tatang berharap dengan regulasi tersebut pesona batik Ciamis atau Ciamisan dapat tersosialisasikan dan diikuti baik PNS atau masyarakat. 

Sehingga dapat menggeliatkan ekonomi para pengrajin batik atau pun rumah batik Ciamis. 

“Adanya regulasi ini juga dapat menanamkan kesadaran pentingnya menggunakan batik Ciamis atau Ciamisan untuk mencintai dan menggunakan sehari-hari,” lanjutnya.

BACA JUGA:Harga Kedelai Naik Lagi, Begini Jeritan Perajin Tahu-Tempe di Kabupaten Tasikmalaya

Ia pun mengapresiasi PD Himpaudi Kabupaten Ciamis yang telah mengenalkan sejak anak usia dini batik Ciamis atau Ciamisan. 

Termasuk kegiatan HUT Himpaudi ke-17 dengan fashion show dan menggambar batik Ciamis dan Ciamisan. 

“Mudah-mudahan fashion batik Ciamis betul-betul dapat dipakai sehari-hari. Lalu lomba menggambar batik, sebagai ajang mengenalkan untuk mencintai budaya lokal Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Ketua Pengurus Daerah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia (PD Himpaudi) Kabupaten Ciamis Eni Rustini SPd menjelaskan peringatan HUT Himpaudi ke-17 dan Hari Batik Nasional ke-13 untuk menyosialisikan batik Ciamis yang ada dua jenis, seperti Ciamis dan Ciamisan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: