Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat Warung dan Kopi?

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat Warung dan Kopi?

Ilustrasi Profesi Doula yang memiliki peran untuk mendampingi ibu melahirkan juga ibu menyusui -gdakaska dari Pixabay-

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Bagi ibu yang sedang menyusui, kurang tidur menjadi makanan sehari-hari.

Tak jarang kondisi tersebut membuat rentan terkena penyakit, tidak sedikit yang mencari solusi yang mudah, pergi ke warung untuk meredakan keluhannya.

Pertanyaanya, amankah bagi ibu menyusui untuk membeli obat warung

“Obat warung biasanya tidak hanya terdiri dari satu obat saja biasanya terdiri dari obat yang isinya kombinasi,” kata dr. Riska Larasati. 

BACA JUGA:Musim Pancaroba, Jaga Kesehatan dan Cegah Penyakit dengan 8 Cara Ini

“Obat yang tidak tepat dikonsumsi oleh ibu menyusui dapat menyebabkan obat masuk ke dalam ASI dan dapat mempengaruhi kondisi bayi,” lanjutnya.

Ia menambahkan, “Oleh karena terdapat berbagai jenis obat warung maka tidak bisa dipastikan mana yang aman untuk ibu menyusui atau tidak.” 

“Misalnya pada obat batuk pilek, meskipun paracetamol aman bagi ibu menyusui, namun obat lain di merek obat tersebut belum tentu aman,” jelasnya.

Ketidak pastian tersebut membuat dr. Riska Larasati menganjurkan ibu menyusui untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat warung.

BACA JUGA:Siapa Suka Petai? Ternyata Bisa Dimakan oleh Ibu Hamil Supaya Mengurangi Rasa Kembung

Tentunya untuk menghindari risiko bagi bayi dan ibu yang sedang menyusui.

“Maka sebelum mengonsumsi obat tertentu atau saat mengalami keluhan penyakit, dapat memeriksakan ke dokter saja sehingga dapat diberikan penanganan atau obat yang aman untuk ibu menyusui,” saran dr. Riska seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Tak hanya obat warung, Ibu juga tidak dianjurkan untuk minum kopi, karena ada potensi bayi mengalami kondisi overdosis kafein.

Bayi yang menderita overdosis kafein akan menunjukan beberapa ciri yang jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id