Apakah Konsumsi Kopi Baik untuk Kesehatan Jantung? Ini Jawabannya...

Apakah Konsumsi Kopi Baik untuk Kesehatan Jantung? Ini Jawabannya...

Ilustrasi Kopi - Image oleh fancycrave1 dari Pixabay-

RADARTASIK.COM - Di seluruh dunia, para ahli memperkirakan bahwa orang mengkonsumsi sekitar 2,25 miliar cangkir kopi per hari.

Banyak orang percaya jika minum kopi akan memberikan tambahan energi dan menghilangkan rasa kantuk. 

Namun, menurut beberapa penelitian, konsumsi kopi dapat menawarkan beberapa manfaat kesehatan penting lainnya. 

Manfaat tersebut mungkin termasuk risiko kanker hati yang lebih rendah, diabetes tipe 2, dan mendukung kesehatan jantung.

BACA JUGA:Hasil Eksperimen: Nanoplastik Dapat Ganggu Proses Hati dan Sel Paru-paru Manusia

Dikutip dari medicalnews.today, kopi mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat, termasuk riboflavin ( vitamin B2), niasin (vitamin B3), magnesium , potasium , dan berbagai senyawa fenolik, atau antioksidan.

Dalam sebuah studi tahun 2018, para peneliti menemukan bahwa minum tiga hingga lima cangkir kopi per hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 15%. 

Minum satu hingga lima cangkir setiap hari juga tampaknya dikaitkan dengan kematian keseluruhan yang lebih rendah akibat penyebab apa pun.

Bagi orang-orang yang telah mengalami serangan jantung, minum kopi tampaknya tidak meningkatkan risiko mengalami serangan jantung lagi atau meninggal sebagai akibatnya.

BACA JUGA:Mengenal Obesitas dan Penyebabnya

Namun, meta-analisis tahun 2017 juga menemukan bahwa mungkin ada tingkat lipid darah (lemak) dan kolesterol yang lebih tinggi pada orang yang mengonsumsi lebih banyak kopi. Zat-zat ini dapat mempengaruhi seseorang untuk masalah jantung.

Bagi sebagian orang, meminum kopi khawatir menyebabkan efek buruk bagi kesehatan. Padahal jika dikonsumsi dengan benar, kopi akan menyehatkan. 

Hasil penelitian lainnya menunjukkan mengonsumsi 2 cangkir kopi sehari memiliki kemungkinan 15 persen lebih kecil untuk mengalami komplikasi penyakit jantung.

Dua cangkir kopi sehari memiliki kemungkinan komplikasi penyakit jantung lebih kecil dibandingkan mereka yang minum kopi lebih banyak atau lebih sedikit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: