Mengenal Obesitas dan Penyebabnya

Mengenal Obesitas dan Penyebabnya

Ilustrasi obesitas-Foto:tangkapanlayar/doktwitter-

RADARTASIK.COM - Obesitas adalah suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang memiliki kelebihan berat badan atau lemak tubuh yang dapat mempengaruhi kesehatannya. 

Obesitas terjadi akibat penumpukan lemak yang berlebihan akibat ketidakseimbangan asupan energi (energy intake) dengan energi yang digunakan (energy expenditure) dalam waktu lama. 

Seorang dokter biasanya akan menyarankan bahwa seseorang mengalami obesitas jika memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi.

BMI adalah alat yang digunakan dokter untuk menghitung apakah seseorang memiliki berat badan yang sesuai untuk usia, jenis kelamin, dan tinggi badannya. 

BACA JUGA:Oleskan Tabir Surya untuk Menjaga Kecantikan Wajah, Terutama Mencegah Kulit Keriput di Area Mata

Memiliki BMI antara 25 dan 29,9 menunjukkan bahwa seseorang membawa kelebihan berat badan, jika BMI mereka 30 atau lebih dianggap mengalami obesitas.

Sedangkan cara menghitung BMI sangat mudah, contohnya jika memiliki berat badan 80 kilogram dan tinggi 1,75 m (175 centimeter). 

Pertama, kalikan tinggi badan dalam kuadrat: 1,75 x 1,75 = 3,06, selanjutnya hasilnya dibagi dengan berat badan: 80/3,06 = 26,1.

Seseorang yang memiliki obesitas dapat meningkatkan risiko mengembangkan  penyakit radang sendi dan beberapa jenis kanker .

BACA JUGA:Fakta atau Mitos: Tidak Makan Nasi Bikin Cepat Kurus?

Mempertahankan berat badan yang tepat atau menurunkan berat badan melalui diet dan olahraga dapat membantu mencegah atau mengurangi obesitas. 

Namun, dalam beberapa kasus, seseorang mungkin memerlukan pembedahan.

Dikutip dari medicalnews.today, berikut beberapa faktor yang membuat orang mengalami kegemukan.

1. Mengkonsumsi terlalu banyak kalori

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: