Setiap Prajurit TNI Wajib Berkomunikasi dengan Santun dan Beretika di Manapun

Setiap Prajurit TNI Wajib Berkomunikasi dengan Santun dan Beretika di Manapun

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bersama Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo.-Istimewa-

BALIKPAPAN, RADARTASIK.COM – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menyampaikan pesan moral yang sangat bernas menjelang pelaksanaan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk ”Dukungan Keluarga dan Kelancaran Komunikasi untuk Menyukseskan Tugas Prajurit Kebanggaan Pomdam VI/Mulawarman”.

Sharing Komunikasi dan Motivasi digelar secara luring dan daring di hadapan sekitar 250 personel Polisi Militer Kodam VI/Mulawarman dan istrinya pada Rabu 14 September 2022 mulai pukul 08.00 WIT. Sebagian peserta hadir di Ruang Pertemuan Pomdam VI/Mulawarman, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dr Aqua berada di Balikpapan setelah sempat berlibur pendek bersama keluarga selama tiga hari kurang di ”Negeri Jiran” Malaysia. Kemudian kembali ”tancap gas” berkeliling Nusantara untuk bersilaturahim ke berbagai kalangan.

Mengawali aktivitasnya di awal pekan pada Senin (12/9/2022) pagi, Dr Aqua menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2022 di Golden Ballroom Hotel Sultan Jakarta.

Ratusan undangan dari 34 provinsi dan puluhan cabang olahraga hadir dalam acara yang dipimpin Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.

Sorenya melalui Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Dr Aqua ke Surabaya. Di Kota Pahlawan dan Kota Malang serta Kabupaten Malang melaksanakan serangkaian kegiatan terutama silaturahim.

Sedang Selasa (13/9/2022) sore, setelah semua urusannya di Jawa Timur tuntas, pria yang hobi silaturahim itu melanjutkan perjalanan ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Begitu mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan pada Selasa malam, langsung silaturahim ke banyak orang.

Dr Aqua antara lain silaturahim ke Direktur Utama Pelindo Multi Terminal Drajat Sulistyo, Direktur Teknik Prakosa Hadi Takariyanto, Direktur Strategi dan Komersial Ogi Rulino, dan Komisaris PT Bumi Liputan Pendingin Tjandra Onawah. Mereka ketemu di Hotel Blue Sky Balikpapan.

Kemudian Dr Aqua melanjutkan silaturahim ke Komandan Pomdam VI/Mulawarman Kolonel Cpm Didin Sofyannadin di rumah dinasnya. Bapak tiga anak itu ditemani istrinya Iis Ishayati Didin. Mereka mendiskusikan rencana Sharing Komunikasi dan Motivasi di Pomdam VI/Mulawarman.

Senjata Utama Komunikasi

Doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung itu mengingatkan setiap prajurit agar selalu santun dan beretika dalam berkomunikasi dengan semua orang.

Dikatakan Dr Aqua, TNI sebagai penjaga NKRI memiliki senjata utama yakni Komunikasi. Terlebih Angkatan Darat yang kerap bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam menjaga dan mengawal wilayah terirorial.

Anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi (ISKI) Pusat itu juga memberikan pesan moral kepada semua peserta. Pesannya itu adalah dilarang mencela sesama prajurit. Kemudian, tidak mengeluarkan kata nama binatang terhadap sesama anggota. Dilarang menghina dan merendahkan siapa pun. Biasakan menggunakan kata mohon maaf, minta tolong, dan terima kasih.

”Selain itu, libatkan Allah SWT Tuhan yang Maha Esa sesuai tuntunan agama yang dianut. Selanjutnya, muliakan kedua orang tua dan mertua. Terakhir, cintai, sayangi, hormati, dan hargai semua anggota keluarga,” ungkap Dr Aqua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: