4 Inovasi Unggulan IPB untuk Wujudkan Future Practice, Hasilnya Keren!

4 Inovasi Unggulan IPB untuk Wujudkan Future Practice, Hasilnya Keren!

Garam Gamy salah satu inovasi terbaru yang diluncurkan IPB.-FOTO:tangkapanlayar/jabarekspres-

Dia menyebut, bahwa Garam Gamy merupakan garam rendah natrium yang bahan baku utamanya dari rumput laut tropika Indonesia, yaitu rumput laut cokelat, hijau dan merah.

BACA JUGA:Kuliah Umum Menko Airlangga di RSIS dan NUS Singapura Tuai Pujian

Garam yang dihasilkan mampu mendekati standar rasio Na:K untuk garam diet (1:1) dan memiliki kadar NaC| kurang dari enam puluh persen sesuai standar garam rendah natrium.

“Garam Gamy memiliki manfaat untuk membantu para konsumen yang sedang menerapkan diet garam, konsumen penderita hipertensi ataupun konsumen yang tidak memiliki kategori dua utama tersebut agar tetap bisa menikmati rasa asin dan umami,” jelasnya.

la menambahkan, kelebihan lain Garam Gamy dibandingkan produk sejenis, yaitu karena mengandung mineral, serat dan antioksidan yang bermanfaat, tentunya bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Pematokan Lahan Tol Gedebage-Tasik Selasai, Kapan Pembangunan Dimulai?

Produksinya juga zero waste karena hasil samping dari produksi, berupa residu, nantinya dimanfaatkan kembali sebagai bahan baku berbagai produk kosmetik.

“Garam Gamy saat ini memiliki dua jenis varian, yaitu Gamy cokelat (rumput laut cokelat) dan Gamy Hijau (rumput laut hijau).

Produk turunan dari garam Gamy juga saat ini sudah dikembangkan menjadi beberapa produk. Ada “SEAKO”, minuman serbuk instan yang terfortifikasi kolagen dan garam rumput laut, “RUBI” minuman tinggi serat yang terfortifikasi garam rumput laut dan “SEABID” body scrub dari residu garam rumput laut dan bahan alami lainnya,” bebernya.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Bilang Tidak Sependapat Poligami Solusi Menekan Angka HIV Seperti Dikatakan Wagub Uu

Selain itu, sambung dia, saat ini sedang diteliti produk turunan lainnya, yaitu gelato dan surimi yang terfortifikasi garam rumput laut.

Garam GAMY saat ini sudah terdaftar di kekayaan intelektual paten sederhana dan merk,” pungkasnya. (yud/jabarekspres)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: