3 Kegiatan Sehat yang Dapat Dilakukan Ibu Hamil, Perlu Dicatat Ya!

3 Kegiatan Sehat yang Dapat Dilakukan Ibu Hamil, Perlu Dicatat Ya!

Ilustrasi ibu hamil jangan panik bila kakinya bengkak.-Foto:tangkapanlayar/genpi.co-

RADARTASIK.COM - Masa kehamilan pada 3 bulan pertama atau tri semester awal saat-saat kritis. Pada masa ini ibu hamil (bumil) merasakan mual muntah yang luar biasa lantaran mulai adanya pembentukan jabang bayi dalam rahim.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RSIA Brawijaya Antasari, Dr Sandy Prasetyo Sp.OG menjelaskan, kondisi ini disebut pertaruhan bumil dalam mendapatkan bayi sehat.

Oleh karenanya, pada masa rawan ini harus diisi dengan kegiatan yang bisa mendorong pertumbuhan jabang bayi dan kesehatan bumil sendiri. Apa saja?

BACA JUGA:10 Madrasah Aliyah yang Meraih Nilai UTBK Terbaik Tahun 2022, Salah Satunya Ada Sekolah Kamu Nggak ?

1. Olahraga ringan

Penting untuk tetap melakuakn olah fisik. Namun, menurut dr. Sandy bumil dianjurkan menghindari olahraga yang banyak kontak fisik dalam tim, seperti basket dan sepak bola. Sebelum memilih olahrga yang tepat, sangat disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan.

2. Minum folat

Kebutuhan asam folat juga perlu dipenuhi sejak persiapan kehamilan, tepatnya tiga bulan sebelum hamil. Asam folat sangat penting untuk mencegah pre-eklampsia dan bayi terlahir dengan cacat kongenital atau cacat bawaan.

BACA JUGA:Curi Sambo

3. Penuhi kebutuhan cairan

Pemenuhan kebutuhan cairan saat hamil sangat penting. Ini dapat mengurangi keluhan kehamilan, seperti mual, muntah, konstipasi, kulit kering, dan infeksi saluran kemih. (genpi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: