Ini Dia Bahaya Wadah Berbahan Melamin, Bisa Menyebabkan Penyakit Kanker

Ini Dia Bahaya Wadah Berbahan Melamin, Bisa Menyebabkan Penyakit Kanker

Tempat makanan berbahan melamin tidak dianjurkan digunakan untuk tempat makan.-Foto:tangkapan layar/fin.co.id-

RADARTASIK.COM - Wadah makan seperti piring, mangkok atau gelas berbahan melamin, adalah salah satu satu favorit banyak orang, sebagai alternatif dari penggunaan Wadah makan  berbahan kaca. 

Akan tetapi beredar informasi di luar sana yang menyebutkan bahwa piring melamin dan wadah makan melamin lainnya, dapat memicu seseorang terkena kanker di kemudian hari. 

Pertanyaannya, apakah benar piring melamin dapat menyebabkan kanker pada mereka yang menggunakannya, apalagi secara rutin?

BACA JUGA:Lim Xiao Ming

Menurut ahli, via Halodoc, yang dilansir oleh fin.co.id, piring melamin memang mengandung sejumlah kecil formaldehida dan senyawa karsinogenik (zat penyebab kanker). 

Dan ketika digunakan untuk menadah makanan yang terlalu panas, zat resin melamin formaldehida ini disebut akan memuai, dan menyebar pada manakan. 

Alhasil, zat yang bercampur dengan makanan inilah yang berpotensi memicu terbentuknya kanker pada manusia. 

BACA JUGA:Jadwal Samsat Keliling Garut, Tasik, Ciamis, Banjar dan Pangandaran Hari Ini

Jadi intinya menurut ahli, selama digunakan untuk makanan dengan suhu normal, potensi bahaya kanker yang disebabkan dari penggunaan piring melamin dapat dihindari. 

Selain itu, orang perlu memilih piring atau wadah makan lain berbahan melamin dengan grade yang sesuai dengan standar kesehatan. 

Selain itu juga, piring melamin atau wadah makan berbahan melamin tidaklah dianjurkan untuk penggunaan microwave.

BACA JUGA:Masyarakat Diminta Tidak Panik Terkait Penemuan Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia, Ini Alasannya

Adapun wadah makan yang paling dianjurkan agar terhindar dari kanker, adalah yang berbahan keramik, enamel, wadah kaca, piring bambu dan stainless steel (kedua ini tidak aman untuk microwave). (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: