Ingin Belajar Membatik Tinggal Datang ke Rumah Belajar Batik Tasikmalaya, Ini Alamatnya

Ingin Belajar Membatik Tinggal Datang ke Rumah Belajar Batik Tasikmalaya, Ini Alamatnya

Rumah Belajar Batik Tasikmalaya dibangun untuk mewadahi para generasi muda yang inginan belajar membuat batik. Foto: ujang nandar / radartasik.com--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM— Ketua Asosiasi Perajin dan Pengusaha Batik Indonesia Dr Komarudin Kudiya SIP Mds menjelaskan Rumah Belajar Batik Tasikmalaya dibangun untuk mewadahi para generasi muda yang inginan belajar membuat batik. 

Ide awal pembangunan Rumah Belajar Batik Tasikmalaya berawal adanya penurunan perajin batik selama masa pandemi yang mencapai 80 persen di seluruh Jawa Barat. 

"Tentunya dengan menurunnya perajin juga berimbas terhadap penurunan produksi batik itu sendiri," kata dia di Rumah Belajar Batik Tasikmalaya, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Tasikmalaya, Sabtu 20 Agustus 2022.

Di Indonesia, kata dia, sebelum pandemi ada 131.568 perajin batik, namun ketika pandemi menurun sampai akhirnya hanya tersisa 25.000 saja. Termasuk Jawa Barat yang terdampak itu. 

"Di Jawa Barat saja saat ini hanya 600 perajin yang tersisa yang awalnya sebanyak 3000 perajin sebelum masa pandemi. Alhamdulillah saat ini sudah nambah lagi," kata dia.

Pembangunan Rumah Belajar Batik Tasikmalaya sangat membatu membangkitkan kembali para perajin batik, khususnya di Jawa Barat dan Tasikmalaya. 

"Harapan ke depan dengan adanya pelatihan secara kontinyu, melalui Rumah Belajar Batik ini bisa menambah kembali perajin yang saat ini drop akibat pandemi," ungkap dia.

“Ini bentuk pelatihan yang sangat bagus, karena ini terus diajarkan bagaimana membuat desain batik, diajarkan menjahit, hingga usaha atau proses penjualannya," kata dia.

Melalui pelatihan di Rumah Belajar Batik Tasikmalaya menjadi upaya regenerasi untuk pengrajin batik karena saat ini pengrajin batik rata-rata kaum ibu-ibu. 

"Usianya saat ini di usai 18 tahun ke atas atau setelah lulus SMA," katanya.

Jika ada yang ingin belajar membatik di Rumah Belajar Batik Tasikmalaya, kata dia, tidak dipungut biaya. 

Calon peserta pelatihan hanya diharuskan menginsi formulir saja.

"Gratis lah tinggal datang saja untuk belajar, malah ini bayar bila audah bisa membuatnya," kata dia. 

Diresmikan Atalia Praratya Ridwan Kamil 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: