Upacara HUT RI Digelar di Tengah Banjir Rob, Bentuk Protes Warga ke Pemerintah

Upacara HUT RI Digelar di Tengah Banjir Rob, Bentuk Protes Warga ke Pemerintah

Warga Desa Timbulsloko Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan Ke 77 Republik Indonesia di tengah banjir rob.-Foto: Dok. warga untuk JPNN.com-

DEMAK, RADARTASIK.COM – Ratusan warga Desa Timbulsloko Kecamatan Sayung Kabupaten DEMAK Provinsi Jawa Tengah menggelar upacara HUT Kemerdekaan Ke 77 RI di tengah genangan banjir rob.

Mereka melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan Ke 77 RI di tengah genangan banjir rob merupakan sebuah bentuk protes kepada pemerintah.

Selama ini mereka selalu mengalami kerugian cukup besar jika terjadi banjir rob. Saat ini mereka ingin hidup merdeka dari banjir rob.

Dilansir dari jpnn.com, ratusan warga tampak khidmat mengikuti jalannya upacara. Warga berbaris melingkar dalam genangan rob yang tengahnya tertancap tiang bendera merah putih berkibar.

BACA JUGA: Apresiasi Buat 2 Polwan, Kabag Log: Jadilah Polwan yang Presisi dan Lebih Peka

”Kami menggelar upacara bendera dengan kondisi rob,” kata satu di antara perwakilan warga Timbulsloko bernama Ashar pada Rabu 17 Agustus 2022.

Mereka mengartikan pelaksanaan upacara di tengah genangan rob adalah sebuah bentuk protes kepada pemerintah.

”Kami warga Timbulsloko ingin hidup tenang, damai, dan tentunya sehat seperti lainnya,” tambah dia.

Ashar mengatakan rob telah meluluhlantakkan hampir menyeluruh aktivitas warga. Mereka terpaksa hidup dan mengakrabkan diri dengan rob.

BACA JUGA: Arak-Arakan HUT RI Diwarnai Saling Serang Pemuda, Hal Sepele Diduga Jadi Penyebabnya

Ashar menyatakan akibat rob kerugian tak dapat terhitung lagi, baik sisi kesehatan maupun ekonomi warga.

”Kami menyelamatkan diri, memerdekakan diri kami dari banjir rob dengan segala kekuatan yang ada,” tuturnya.

Bentuk protes yang utama, kata Ashar, adalah mega proyek pembangunan Tol Semarang-Demak yang disebut sebagai tanggul laut.

Menurut Ashar, proyek strategis nasional tersebut telah menjadi bagian utama yang membuat warga makin susah lantaran menyebabkan rob kian menjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: