Tips Pintar Pilih Kosmetik, Agar Tetap Cantik

Tips Pintar Pilih Kosmetik, Agar Tetap Cantik

Apt Rani Rubiyanti, M.Farm, Dosen Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya--

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Saat ini, siapa sih yang tidak mengenal kosmetik? Usia remaja, dewasa, bahkan anak dan orang tua pun sudah tidak asing dengan pemakaian kosmetik. Semua orang berupaya mendapatkan kulit wajah yang cantik, bersih dan sehat.

Kebutuhan akan mempercantik diri pun kini menjadi prioritas utama dalam menunjang penampilan sehari-hari. Sebagian besar orang memakai kosmetik memiliki tujuan untuk memberi manfaat pada kulit serta dapat menambah percaya diri orang yang memakainya, namun tidak sedikit juga orang yang mendapat gangguan atau kelainan kulit akibat dari pemakaian kosmetik.

BACA JUGA:Apa yang Akan Terjadi Ketika Bumi Berputar Lebih Cepat ? Ini Temuan Para Ahli

Sebenarnya penggunaan kosmetik dapat menimbulkan pengaruh positif dan negatif. Pengaruh positif dapat dicapai dengan cara pemilihan kosmetik yang tepat. Maka dari itu berpengetahuan yang baik mengenai kosmetik dapat menghindari diri dari pengaruh negatif penggunaan kosmetik. Berikut ini tips dan trik cara memilih kosmetik yang aman dari Apt Rani Rubiyanti, M.Farm, Dosen Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya :

BACA JUGA:Microsoft Tingkatkan Performa Grafis Xbox Series S

1. Selektif Harga

Belilah kosmetik yang sudah terjamin mutu dan kualitasnya. Saat ini banyak persaingan harga barang bermerek yang dijual jauh dibawah harga normal. Dari segi harga memang sangat menguntungkan. Namun perlu dipertimbangkan kerugian apabila produk tidak original. Pastikan bahwa produk yang akan dibeli adalah asli. Hal ini dapat dilihat dari penjual/ reseller produk kosmetik tersebut apakah terdaftar di agen resmi atau tidak.

2. Cek Legalitas Produk

Produk kosmetik yang baik adalah produk yang sudah memiliki legalitas yang ditandai dengan adanya nomor registrasi produk. Instansi yang mengelola perijinan layak tidaknya produk kosmetik diedarkan adalah BPOM. Setelah mendapatkan persetujuan dari BPOM, produsen akan mendapatkan nomor notifikasi. Pastikan Nomor notifikasi yang dicantumkan ada dan benar dengan mengecek pada web Badan POM. Masyarakat luas dapat mengakses web ini dengan memasukkan nomor yag tertera pada kemasan produk. Jika nomor yang dimasukkan tidak tertera di web, maka produk kosmetik tersebut belum mendapat nomor notifikasi dari BPOM.

3. Lihat Komposisi 

Sebagai konsumen, teliti juga mengenai ada tidaknya bahan berbahaya dalam kosmetik pada komposisi produk. Hindari pemakaian kosmetik apabila mengandung komposisi berikut ini: Polyethylene, Butylated hydroxyanisole (BHA), Phthalates, Hydroquinone, Benzene, Bithionol dan Klorin.

BACA JUGA:Para Pecinta Bakso Wajib Tahu Nih, Efek yang Akan Dirasakan Akibat Terlalu Banyak Makan Bakso

4. Cek Tempat Produksi Kosmetik

Pastikan pembuat kosmetik merupakan lembaga terpercaya. Lihat pada kotak kemasan apakah tercantum nama dan alamat produsen. Hindari pemakaian kosmetik tanpa informasi apapun di kemasan, karena dimungkinkan produk yang dijual adalah produk ruahan yang di repacking tanpa diketahui komposisi dan produsennya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: