Solusi Bayar Pajak Kendaraan Saat Libur Tahun Baru Islam, Simak Pengumuman Bapenda

Solusi Bayar Pajak Kendaraan Saat Libur Tahun Baru Islam, Simak Pengumuman Bapenda

Ilustrasi layanan Samsat Keliling.-Dok. Dispenda Jabar-

TASIK, RADARTASIK.COM – Ribuan pemilik kendaraan bermotor di Wilayah Provinsi Jawa Barat seharusnya membayar pajak bermotor (PKB) pada Sabtu 30 Juli 2022.

Namun, hari itu bertepatan dengan libur nasional, Tahun Baru Islam. Dan, bertepatan dengan Tahun Baru 1444 Hijriah, Kantor Samsat Induk dan sentra-sentra layanan Samsat tidak melayani pembayaran pajak kendaraan.

BACA JUGA: JNE Beri Penjelasan Soal Temuan Bansos Ditimbun di Lapangan KSU Depok

Bagaimana solusinya? Simak pengumuman lengkap yang dirilis Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat dan dikutip radartasik.disway.id pada Minggu 31 Juli 2022.

Dalam pengumuman itu disebutkan libur layanan masyarakat dalam rangka Tahun Baru 1444 H merujuk pada Keputusan Bersama Menteri Agama RI Nomor 678 tahun 2022, Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 2 tahun 2022 dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 2 tahun 2022.

Masih dalam pengumuman itu diberitahukan kepada seluruh masyarakat wajib pajak kendaraan bermotor di Wilayah Provinsi Jawa Barat bahwa pelayanan Kantor Bersama Samsat Induk dan sentra-sentra layanan Samsat lainnya untuk sementara tidak melayani pelayanan/libur pada hari Sabtu 30 Juli 2022.

BACA JUGA: Heboh 1 Kontainer Paket Bansos Ditimbun di Lapangan KSU Sedalam 3 Meter

Libur pada Hari Sabtu 30 Juli 2022 itu dalam rangka Libur Tahun Baru Islam 1444 Hijriah. Pelayanan Kantor Bersama Samsat akan dibuka kembali mulai hari Senin tanggal 01 Agustus 2022.

Sehubungan dengan itu, bersasarkan Keputusan Gubenur Jawa Barat Nomor: 970/Kpe.324-Bapenda/2022 tanggal 23 Juni 2022, maka keterlambatan pendaftaran oleh wajib pajak yang melakukan proses pembayaran PKB tahunan, proses pengesahan STNK tahunan dan penggantian STNK, sanksi administratif berupa denda PKB dinyatakan dibebaskan.

Sanksi administratif berupa denda PKB dinyatakan dibebaskan karena berlaku program pengurangan dan pembebasan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraaan Bermotor Dalam Masa Pemulihan Ekonomi Pasca Corona Virus Disease 2019 sampai tanggal 31 Agustus 2022.

BACA JUGA: Dua Motor Diserempet Mobil di Jalan Bantar, Tim Maung Galunggung Kejar hingga ke Sancang, Garut

Wajib pajak agar melakukan pembayaran PKB melalui Kantor Berama Samsat Induk dan sentra-sentra layanan Samsat lainnya melalui layanan pembayaran non tunai/e-Samsat, baik pada gerai ATM, fintech dan PPOB pada aplikasi Sambara maupun SIGNAL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: