Ini Wujud Toilet Saat Perayaan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya

Ini Wujud Toilet Saat Perayaan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya

KABUPATEN TASIKMALAYA, RADARTASIKToilet darurat berdiri di belakang pameran stand pada perayaan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya, Senin 25 Juli 2022. 

Toilet darurut tersebut hanya dibangun berbahan bambu dan terpal sebagai dinding penghalang. Berdiri di taman kompleks pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Pantauan di lokasi, WC tersebut berdiri tidak terlalu terlihat dari area utama pameran. 

Akan tetapi, bila masuk ke kawasan taman, maka terlihat tenda terpal berwarna biru dengan tinggi sekitar 2 meter dan berbentuk kotak berukuran 1x1 meter.

BACA JUGA:Malam Perayaan Puncak HUT ke-76 SPS Bertabur Penghargaan 

Sebagai penanda, diberi tulisan ‘WC’ pada selembar kertas yang dilaminating. 

"Mengapa panitia tidak menyiapkan WC portebel yang lebih layak dan memadai. Bukan malah membuat WC seperti ini. Bagai di lokasi bencana saja, hanya terbuat dari terpal dengan sanitasi kurang memadai," jelas Wahab (36) warga Singaparna kepada radartasik.disway.id Senin 25Juli 2022 sore.

Untuk sumber air, di toilet tersebut mengandalkan kran air yang tersedia di sana. Sementara pembuangan air mengalir begitu saja, hingga membuat genangan dan becek.  

"Air pembuangan langusng ke dalam tanah dengan cara digali," katanya.

BACA JUGA:4.000 Nasi Box Dibagikan saat HUT Kota Banjar 

Kepala Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya, Dadang Tabroni menjelaskan, anggotanya langsung terjun ke lokasi pasca mendapatkan laporan berdirinya toilet darurat dari terpal. 

Setelah di konfirmasi, nyatanya toilet tersebut dibuat tanpa izin oleh warga sekitar lokasi. Pihaknya langsung menegur dan meminta agar toilet tersebut dibongkar. 

Selain tidak berizin, juga didirikan di lokasi yang bukan peruntukannya. "Sudah kami tegur dan sekarang sudah di bongkar. Jadi itu (toilet terpal) dibuat oleh si RT di sana, inisiatif dia. Aji mumpung memanfaatkan keramaian acara," jelas katanya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: