4.000 Nasi Box Dibagikan saat HUT Kota Banjar

4.000 Nasi Box Dibagikan saat HUT Kota Banjar

BANJAR — Lembaga pemerintah, institusi, OPD, perusahan BUMN, BUMD, swasta dan perbankan bersama-sama memberikan bantuan nasi box kepada kaum duafa pada rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Banjar ke-18. Nasi box disalurkan tim logistik panitia HUT Banjar.

“Kami sebagai leading sector bagi-bagi nasi box kepada kaum duafa ini,” kata Sekretaris Dinas KUKM dan Perdagangan Kota Banjar Neneng Widya Hastuti SSos, MSi, Senin (22/2/2021).

Ia mengatakan ada sekitar 4.000 nasi box yang diberikan. Nasi box itu terkumpul dari sekitar 80 pihak, baik pemerintah maupun swasta.

“Sasaran pembagiannya yakni kepada petugas kebersihan jalan, pengayuh becak, ojek, sopir angkot serta ke pesantren,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan makanan siap saji, pihaknya mendorong semua relawan membeli nasi kotak dari pelaku UMKM. Sehingga, selain menggerakan fungsi sosial, juga membantu pelaku UMKM mendapatkan tambahan penghasilan.

“Apalagi di masa pandemi ini, kita memiliki kewajiban untuk menbantu sesama dan juga memberdayakan UMKM, membantu mereka menambah penghasilan,” katanya.

Teknisnya, kata dia, relawan diarahkan membeli nasi kotak secara langsung ke UMKM. Dinas KUKMP hanya menyiapkan nomor kontak para pelaku UMKM.

“Jadi tidak kami koordinir, namun kami sediakan nomor telepon UMKM-nya, sehingga dari lembaga atau instansi langsung memesan nasi kotak tersebut,” katanya.

Dalam pembagiannya, tim logistik tetap memperhatiakan protokol kesehatan. Pembagian langsung juga dilakukan untuk menghindari kerumunan.

“Kami inisiatif untuk menyalurkan bantuan itu langsung ke lapangan,” kata Neneng. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: