DKP Ekspor 1 Container Ikan Lele Hasil Petani Milenial ke Korsel

DKP Ekspor 1 Container Ikan Lele Hasil Petani Milenial ke Korsel

CIREBON, RADARTASIK.COM – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Ir Hermansyah MSi melaksanakan kegiatan pelepasan ekspor perdana ikan lele (clarias batrachus), Kamis 21 Juli 2022.

Ekspor yang berlokasi di Unit Pengolahan Ikan (UPI) CV Adi Jaya Mandiri, di Blok Sirawa RT 01 RW 05 Desa Grogol Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, dikirim ke Busan Korea Selatan.

Acara pelepasan ekspor perdana clarias batrachus dihadiri perwakilan dari kepala Stasiun Karantina BKIPM Cirebon, Bea Cukai, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Cirebon, Unit Kerja Lingkup DKP Provinsi Jabar, Bappeda Provinsi Jabar, PT Agro Jabar, Tim Akselerasi Pembangunan Jawa Barat dan Tim Ahli Jabar Juara.

BACA JUGA: 10 Lokasi Kantong Parkir ke Kawasan HZ Mustofa, Dihub Lakukan Optimalisasi

Jumlah ekspor awal ikan lele sebanyak 1 Cont 20 fit (8,131.20 kg) dengan Unit Pengolahan Ikan yang sudah tersertifikasi, Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP). 

Asal bahan baku dari unit budi daya yang sudah tersertifikasi Cara Budidaya atau Suganda Farm dan sudah memenuhi persyaratan lainnya sesuai standar persyaratan ekspor.

Pemenuhan standar produk menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk dapat memenuhi permintaan standar atau kriteria dari konsumen.

BACA JUGA: Besok Rekayasa Lalu Lintas Kota Tasik Berubah, Perhatikan Rutenya!

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Ir Hermansyah MSi mengatakan permintaan produk hasil perikanan di Jawa Barat terus meningkat, sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk. 

Kemudian di lain pihak, terjadi pergeseran pola konsumsi sebagai akibat meningkatnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat untuk mengonsumsi makanan yang sehat.

Salah satunya, dicirikan dengan tingginya kandungan protein dan rendahnya kandungan kolesterol sebagaimana terdapat pada ikan.

BACA JUGA: Video Detik-detik Adik Brigadir J, Bripda LL Lihat Kondisi Jenazah Kakaknya Beredar Luas: Rahangnya Geser

”Hal ini merupakan peluang bagi kita, sebagai stakeholder yang bergerak di bidang kelautan dan perikanan dalam memenuhi kebutuhan tersebut,” ungkapnya.

Produksi perikanan budidaya di Jawa Barat, Hermasyah memaparkan, sampai tahun 2021 sebesar 1.233.563 ton dengan salah satu komoditasnya terbesarnya adalah ikan lele, yang menjadi urutan nomor 2 setelah komoditas ikan nila dengan jumlah produksi yang tercatat sebesar 245.194 ton atau sebesar 19,87 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: