Jemaah Haji Dilarang Merokok di Masjid Nabawi dan Hotel, Jika Melanggar Didenda Sebegini

Jemaah Haji Dilarang Merokok di Masjid Nabawi dan Hotel, Jika Melanggar Didenda Sebegini

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Kementerian Agama kembali mengingatkan jemaah haji agar tidak merokok di sekitar Masjid Nabawi dan hotel di Madinah.

Sebab, Kerajaan Arab Saudi melarang jemaah haji dari manapun di sekitar Masjid Nabawi dan hotel di Madinah. Jika melanggar, jemaah hai kena denda sekitar Rp800.000.

”Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melarang keras jemaah dari negara manapun untuk merokok di sekitar Masjid Nabawi,” ujar Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kemenag Akhmad Fauzin saat memberikan Konferensi Pers di tanah suci melalui youtube, Rabu (20/7/2022).

BACA JUGA: Waduh! Mobil Boks di Ruko Kelontongan Perempatan Cicurug, Kota Tasikmalaya Digondol Maling

Dilansir pada laman Kemenag, Fauzin menyampaikan merokok sembarangan dapat mengganggu aktivitas jemaah, mengakibatkan polusi, dan menyebabkan kebakaran. ”Larangan ini berlaku sepanjang waktu dan tidak hanya pada saat musim haji berlangsung,” kata dia.

Untuk itu, lanjut dia, siapa saja yang terbukti dan tertangkap melanggar ketentuan tersebut akan diberikan sanksi teguran lisan sampai hukuman kurungan.

”Pemerintah mengimbau agar jemaah haji Indonesia tetap mematuhi ketentuan tersebut demi kesehatan jemaah, kenyamanan dan keamanan lingkungan Masjid Nabawi,” tandas dia.

BACA JUGA: KNPI Cihideung Bersuara: Dinas Terkait yang Tangani Proyek Semi Pedestrian HZ Dinilai Tak Kompak

Fauzin berharap penyelenggaraan ibadah haji tahun ini tetap dapat berjalan dengan lancar sampai dengan seluruh jemaah dapat dipulangkan ke tanah air.

Sebelumnya, Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Amin Handoyo menyatakan ada banyak tanda larangan merokok di Madinah, baik di hotel maupun tempat lainnya.

Untuk itu, jemaah haji Indonesia diminta tidak sembarangan merokok di Tanah Suci. ”Jangan sampai merokok di pelataran masjid nanti ditangkap. Dan, kalau di penginapan itu harus dijaga karena di kamar ada alarmnya,” ujar dia.

BACA JUGA: Tangguh Tak Goyah di UMKM, BRI Jauh dari Epicentrum Krisis Ekonomi Global

Seperti dikutip dari laman kemenag.go.id. Amin mengatakan pada dasarnya Saudi sangat ketat dengan larangan merokok. Itu sebabnya, Amin meminta jemaah lebih peka ketika ingin melakukan aktivitas merokok. ”Merokok di Saudi dilarang,” tegas dia.

Amin berharap jemaah benar-benar memahami aturan yang berlaku selama di Saudi. Fasilitas hotel juga dilengkapi dengan alat pendeteksi asap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: