Pemkab Ciamis Bagikan 29 Hewan Kurban, Bupati Sampaikan Pesan Begini

Pemkab Ciamis Bagikan 29 Hewan Kurban, Bupati Sampaikan Pesan Begini

Radartasik, CIAMIS - Ribuan umat muslim Kabupaten Ciamis memenuhi Masjid Agung Ciamis pada Minggu 10 Juli 2022. Mereka melaksanakan sholat Idul Adha 1443 Hijriah.

Di antara ribuan jemaah itu tampak pula Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Sekda Ciamis Tatang dan Forkopimda beserta sejumlah pejabat Pemkab Ciamis.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dalam sambutannya menyampaikan ibadah kurban merupakan wasilah cara atau jalan untuk mencapai ketakwaan kepada Allah SWT.

BACA JUGA: Di Kota Tasikmalaya PMK Terkendali, Hewan Kurban Layak dan Sehat

Sebab, hikmah dalam Hari Raya Kurban ini adalah keberanian mengorbankan kepentingan pribadi untuk kepentingan yang lebih besar.

“Ibadah kurban ini adalah wasilah bagi kita untuk mencapai ketakwaan kepada Allah SWT,” katanya.

Ia pun menjelaskan kenapa bisa menjadi ketakwaan, karena pada Hari Raya Idul Adha berakar dari sejarah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

BACA JUGA: Ini Lokasi Buang Bayi di Tangga Gang di Desa Pakemitan Kidul, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya

“Sikap pasrah dan ikhlas yang tertanam pada Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS untuk berkurban dan berbakti kepada Allah SWT patut menjadi teladan bagi kita semua,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan penyembelihan hewan kurban merupakan tindakan simbolis. Itu bagaimana menundukkan dan mengendalikan segala sifat yang buruk yang ada pada diri manusia. 

“Ibadah kurban ini mengendalikan hawa nafsu dan dapat lebih mempertebal keimanan. Tentunya dalam menghadapi ujian dan cobaan dengan penuh kesabaran dan penuh keikhlasan,” katanya.

BACA JUGA: Tega, Baru Lahir Bayi Perempuan Dibuang Orang Tuanya di Gang Ciawi Tasikmalaya

Setelah pelaksanaan salat Idul Adha, Bupati Ciamis berkesempatan menyerahkan hewan kurban kepada DKM Masjid Agung Ciamis.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Ciamis Ihsan Rasyad menyampaikan, pemerintah Kabupaten Ciamis memberikan hibah 29 ekor sapi dalam ibadah kurban tahun 2022. Hewan kurban diberikan kepada semua lembaga pesantren, masjid dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: