NASA: China Berencana Mengusai Bulan

NASA: China Berencana Mengusai Bulan

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - China mungkin mempertimbangkan Mengambil alih Bulan sebagai bagian dari program luar angkasa militernya menurut Bill Nelson administrator NASA kepada surat kabar Bild.

Nelson mengklaim bahwa Amerika Serikat sekarang terlibat dalam perlombaan baru dengan China di luar angkasa. Dia menekankan bahwa pada tahun 2035 Beijing mungkin menyelesaikan pembangunan stasiun Bulannya sendiri dan memulai eksperimen setahun kemudian.

Nelson yang sekarang berusia 79 tahun mengklaim seharusnya AS sangat khawatir tentang pendaratan China di Bulan dan mengatakan planet itu sekarang milik Republik Rakyat dan semua orang harus tetap berada di luar.

BACA JUGA:Telisik Sejarah Bumi, NASA Luncurkan Teleskop James Webb


Administrator NASA itu juga menerangkan program luar angkasa China adalah program luar angkasa militer. Ia juga menjelaskan bahwa persaingan di kutub selatan bulan sangat ketat dengan adanya potensi deposit air di sana dapat digunakan di masa depan untuk produksi bahan bakar roket.

Ketika ditanya oleh Bild tentang tujuan militer apa yang dapat dicapai China di luar angkasa, Nelson menjelaskan astronot China sibuk mempelajari cara untuk menghancurkan satelit negara lain.

Terlepas dari jaminan Beijing bahwa program luar angkasanya memiliki tujuan damai, Nelson telah lama menjadi kritikus keras terhadap kebijakan China di luar angkasa.

 

BACA JUGA:Benarkah di Bulan Ada Air? Pesawat Robotik Tiongkok Buktikan Hal Ini

Pada bulan April ia menuduh pejabat China menolak bekerja sama dengan AS dalam operasinya dan menyembunyikan data penting.

Sebelumnya Nelson mengakui NASA mematuhi undang-undang 2011 yang melarang badan tersebut terlibat dalam kolaborasi langsung dengan pemerintah China atau organisasi yang berafiliasi dengan China tanpa persetujuan eksplisit dari Kongres dan otoritas penegak hukum federal.

Para pejabat China mengatakan larangan itu, yang disebut Amandemen Serigala, sebagai “ kesialan ” dan hambatan untuk kerjasama langsung dengan NASA.

 

BACA JUGA:China Dilaporkan Telah Mendeteksi Tanda Peradaban Luar Angkasa

Sanksi baru-baru ini yang dijatuhkan oleh Barat terhadap Moskow atas serangan militernya di Ukraina mendorong Rusia untuk mencari kerja sama yang lebih dalam dengan China di luar angkasa.

Pada akhir Februari, dua hari setelah serangan Moskow di Ukraina, kepala badan antariksa Rusia Dmitry Rogozin mengumumkan bahwa Roscosmos akan berhenti mengerjakan proyek luar angkasa bersama dengan Eropa dan Amerika Serikat.

Rusia sekarang sedang melakukan negosiasi dengan China tentang koordinasi dan dukungan teknis timbal balik dari semua misi luar angkasanya.

BACA JUGA:China Akan Membangun Sistem Pertahanan Luar Angkasa Untuk Melindungi Bumi


DIkutip dari Russian Today, pada Januari tahun ini, Kantor Inspektur Jenderal NASA memperingatkan bahwa ukuran korps astronot badan tersebut mungkin terlalu kecil untuk memenuhi kebutuhannya di masa depan.

Korps mendaftarkan 44 astronot yang dinobatkan sebagai "salah satu kader astronot terkecil dalam 20 tahun terakhir," dan saat itu NASA sedang mempersiapkan misi eksplorasi bulan Artemis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today