Timnas Indonesia U-19 Dianggap Terkuat di Grup A Piala AFF U-19, Pelatih Thailand Tidak Mau Pandang Remeh

Timnas Indonesia U-19 Dianggap Terkuat di Grup A Piala AFF U-19, Pelatih Thailand Tidak Mau Pandang Remeh

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Tim nasional U-19 Indonesia dianggap tim terkuat di Grup A Piala AFF U-19 2022.

Analisis tim nasional U-19 Indonesia dianggap tim terkuat di Grup A datang dari pelatih tim nasional U-19 Thailand Salvador Valero Garcia.

Salvador Valero Garcia menilai tim nasional U-19 Indonesia dianggap tim terkuat di Grup A karena dia telah memantau kekuatan Indonesia sejak skuad berjuluk 'Garuda Nusantara' tampil di Turnamen Toulon pada akhir Mei-awal Juni 2022.

“Saya sudah memantau timnas Indonesia. Saya juga mengenal permainan Vietnam karena saya bertemu dua kali dengan pelatih mereka (Dinh The Nam, Red) di Piala AFF U-23 2022, Kamboja," terangnya.

Sementara Filipina, kata dia, mereka memiliki dua pemain bagus yang bermain di Spanyol. Lalu untuk Brunei Darussalam dan Myanmar.

Ketika tampil di Turnamen Toulon 2022, timnas U-19 dilatih oleh Dzenan Radoncic, asisten dari pelatih kepala Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong sendiri kala itu fokus menangani timnas senior Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

“Kami menyaksikan semua laga Indonesia di Turnamen Toulon, di mana mereka ketika itu berganti pelatih,” ujar Salvador pada konferensi pers di Jakarta, Jumat 1 Juni 2022.

Menurut Salvador, gaya bermain timnas U-19 di bawah Radoncic berbeda dengan Shin Tae-yong.

“Saya melihat Indonesia mengubah sistem bermainnya. Pada pertandingan persahabatan (bersama Shin Tae-yong, Red), mereka memakai tiga bek. Ketika itu ada pula pemain yang datang dari Belanda,” terangnya.

Ketika itu, timnas U-19 Indonesia diperkuat oleh tiga pemain Belanda yang diproyeksikan untuk memperkuat timnas di Piala Dunia U-20 2023 yakni Kai Boham, Jim Croque dan Max Christoffel.

"Saya yakin mereka memiliki semangat tinggi dan itu membuat Grup A ini sulit,” kata Salvador.

Piala AFF U-19 2022 akan berlangsung di Jakarta dan Bekasi pada 2-15 Juli. Pada turnamen itu, Indonesia berada di Grup A bersama Myanmar, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam dan Filipina.

Pertandingan pertama Indonesia di Piala AFF U-19 2022 bergulir pada Sabtu 2 Juni 2022 melawan Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, mulai pukul 20.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: