Dinas Teknis Jangan Lambat, Khawatir Muncul Info Liar Soal Penataan HZ

Dinas Teknis Jangan Lambat, Khawatir Muncul   Info Liar Soal   Penataan HZ

RADARTASIK, TASIKMALAYA – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya menyukseskan penataan HZ Mustofa melalui infrastruktur fisik mesti direspons serius setiap dinas terkait. Terutama, instansi yang membidangi sejumlah aktivitas di lokasi perekonomian tersebut.

Hal itu ditegaskan Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya Isep Rislia. Menurutnya, rencana sejumlah OPD teknis dalam menyosialisasikan penataan HZ Mustofa dan Cihideung mesti secepatnya. 

Sebab, di lapangan dikhawatirkan muncul informasi-informasi yang tidak utuh, lantaran wacana penataan sudah berkembang lama namun tak kunjung dijelaskan secara eksplisit dinas terkait di lapangan. “Penataan ini kan kepentingan semua, unsur ketertiban baik penempatan PKL, kemudian pejalan kaki dan sejumlah aktivitas lain di sana. Sosialisasi jangan ditunda-tunda, apalagi pekerjaan fisik informasinya segera dimulai,” ujarnya kepada Radar, Kamis (30/6/2022).

Menurutnya, apabila informasi yang diterima tidak utuh terkait rencana penataan, dikhawatirkan warga, pegiat dan sejumlah kom­ponen yang sehari-hari ber­aktivitas di sana menduga-duga dan waswas. 

“Sosialisasi perlu didorong dan diselaraskan juga dengan keinginan mereka. Adanya aktivitas pembangunan di situ tentu akan ada hal yang terganggu dan itu harus diketahui betul oleh warga yang beraktivitas sehari-hari di situ,” ujarnya.

BACA JUGA: Kerahkan Remaja Jadi Agen Kesehatan

“Kita lihat dinas teknis, khususnya Dinas KUMKM Perindag dan tim penataan katanya baru akan sosialisasi. Itu harus secepatnya agar di lapangan warga tidak terima info simpang siur yang malah membuat kegaduhan,” analisis Ketua Fraksi Golkar tersebut. 

Saat ini pun, kata dia, banyak pihak yang menanyakan rencana penataan tersebut seperti apa. Terutama, dari kalangan masyarakat yang tentu berkepentingan dalam beragam hal di jalur perekonomian itu. 

“Jadi jangan terlambat, keburu informasi yang kurang menguntungkan bagi mereka yang berkembang. Toh dampak penataan kan nanti manfaatnya akan terasa bukan saat prung mau dimulai,” tuturnya. 

Pihaknya menekankan penataan dititikberatkan urusan infrastruktur semata. Melainkan para pihak yang berkeseharian di jalur itu pun diperhatikan dan diberikan solusi, supaya meminimalisir persoalan tatkala kegiatan akan dimulai. “

Bukan hanya Dinas KUMKMPerindag kan, di sana ada sektor wisata mungkin, kemudian aspek lalu lintas juga. Nah itu ditindaklanjuti secepatnya jangan beriringan dengan kegiatan fisik yang dikhawatirkan bisa menghambat realisasi kegiatan,” beber Isep. 

Sekretaris Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya H Wahid menambahkan, berdasarkan informasi dalam waktu dekat ini aktivitas fisik di area HZ Mustofa bakal segera berlangsung. Ketika hal tersebut sudah menjadi program, mestinya bisa diiringi instansi terkait lain dalam menyukseskan program tersebut. 

BACA JUGA: Tegas! Wali Kota Tasik Sampaikan Semi Pedestrian HZ - Cihideung Tahun Ini Beres

“Kan tidak hanya urusan fisik di sana, tapi aktivitas publik banyak berkegiatan juga yang mana menjadi cakupan sektor instansi-instansi lain. Kalau sudah dirapatkan dan dibahas, ya secepatnya direalisasikan, supaya pelaksanaan kegiatan tidak terhambat karena sudah dianggarkan apalagi mau dikerjakan dalam waktu dekat,” tegas Ketua Fraksi Gabungan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: