Jangan Salah Curhat! Remaja Sambongpari Jadi Konselor Sebaya

Jangan Salah Curhat! Remaja Sambongpari Jadi Konselor Sebaya

Radartasik, KOTA TASIKKonselor sebaya dapat diartikan sebagai sebuah variasi layanan konseling untuk membantu orang lain yang dilakukan oleh non-profesional (teman sebaya). 

Konselor sebaya ini dibutuhkan karena kebanyakan remaja menceritakan permasalahannya (curhat) pada temannya ketimbang pada orang tua, guru, atau pembimbing.

Khususnya di Kota Tasikmalaya, para Konselor Sbaya ini diberi ‘nutrisi’ ilmu oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes). Seperti yang dilakukan Puskesmas Sambongpari, Kecamatan Mangkubumi, Rabu (29/06/22) di Situ Gede.

"Hari ini kita lakukan pembinaan Posyandu Remaja yang dilakukan Puskesmas Sambongpari, Kecamatan Mangkubumi kaitan dengan pembinaan remaja konselor sebaya kepada remaja-remaja yang ada di wilayah Sambongpari," ujar Kabid Kesmas Dinkes Kota Tasikmalaya, Suryaningsih. 

BACA JUGA:Polisi Bubarkan Remaja yang Nongkrong sambil Minum Miras di Jalan Galunggung

Materi pertemuan ini, terang dia, untuk mengedukasi atau memberikan informasi penguatan kepada mereka agar bisa memberikan edukasi kaitan masalah remaja dan kesehatan lainnya.

"Untuk Posyandu Remaja ini sudah ada di seluruh puskesmas se-Kota Tasikmalaya. Tetapi untuk kegiatannya berbeda kelompok dan berbeda-beda jadwalnya," terangnya.

"Tetapi saya kira untuk edukasi dan informasi kaitan keberadaan PKPR atau pelayanan kesehatan remaja yang ada di puskesmas memang salah satu upaya untuk dikembangkan dan edukasikan kepada masyarakat terutama remaja," sambungnya.

BACA JUGA:Mantap, MCR Luncurkan Hotline Tempat Curhatnya Para Remaja Tasikmalaya

Remaja, tambah dia, adalah salah satu bagian potensial dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. 

Sebab sebanyak 25 persen remaja menjadi bagian masyarakat yang ada di Kota Tasikmalaya.

"Maka diharapkan nanti mereka menjadi agen-agen perubahan kaitan dengan pemberian edukasi atau informasi masalah-masalah kesehatan remaja dan kesehatan lainnya," harapnya.

BACA JUGA: Kondisi Psikologis Remaja Korban Penculikan di Singaparna, Tasikmalaya, Membaik, Mudah-Mudahan Cepat Pulih

Apalagi saat ini telah ada Perwal Germas yang sudah dilaunching. Diharapkan gerakan masyarakat hidup sehat ini terutama kaitan kesehatan remaja kini terintegrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: