Anak Kandung Dihamili Bapaknya, Wali Kota Banjar Kunjungi Rumah Korban

Anak Kandung Dihamili Bapaknya, Wali Kota Banjar Kunjungi Rumah Korban

BANJAR — Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih mengunjungi rumah korban dugaan pencabulan anak oleh ayah kandungnya. Orang nomor satu di Kota Banjar itu memberikan semangat dan motivasi agar korban tabah menghadapi cobaan.

Dia juga memberikan bantuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari korban. “Ibu (wali kota menyebut dirinya sendiri, Red) meminta ke masyarakat jika memiliki anak, meski muhrim tetap harus dipisah tempat tidurnya. Jangan sampai kejadian seperti ini (dugaan pencabulan) terjadi lagi,” ujarnya.

Wali kota mengatakan pemerintah menjamin kebutuhan korban, tidak hanya sampai melahirkan tapi setelah melahirkan anaknya. Selain itu, korban pun diberi pendampingan hukum dan psikologi untuk memulihkan trauma.

“Mari kita bersama-sama bergotong-royong saling membantu meringankan beban korban dan keluarganya,” ujarnya.


Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DinsosP3A Kota Banjar Ika Kartikawati MSi mengatakan dari awal Januari sampai Maret, sudah ada empat kasus yang dilaporkan dan ditangani. Pertama pencabulan dan tiga lainnya pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

“Baru kasus kali ini (ayah hamili anak kandung, Red) ditangani sama saya dan baru menemui seperti ini. Sebelumnya ada, tapi itu ayah tiri,” kata dia kepada wartawan, Selasa (2/3/2021).

Kata dia, korban mengalami trauma berat. Sehingga perlu penanganan dan pendampingan khusus agar kembali pulih.

“Kita sudah menemui korban dan akan fokus melakukan pemulihan. Terutama makanan yang sehat untuk ibu dan calon bayi sampai melahirkan nanti,” tegasnya.

Pihaknya pun akan mengusahakan agar korban melanjutkan kembali sekolahnya sampai selesai. “Kita (pemerintah, Red) sigap merespon langsung ketika ada kasus. Dan masyarakat pun harus berani melaporkan jika di lingkungan sekitarnya ada kejadian seperti itu,” katanya. (nto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: